Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Instruksikan Kemenhub, Polri, Pemda dan TNI Sukseskan Mudik Tahun 2023

Jokowi menginstruksikan kepada jajaran kementerian dan seluruh pihak terkait dapat menyukseskan mudik tahun 2023.
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada jajaran kementerian dan seluruh pihak terkait dapat menyukseskan agenda mudik Lebaran pada tahun 20023.

Kepala negara meminta Kementerian Perhubungan, Polri, dan Menteri BUMN untuk menyiapkan transportasi kepada masyarakat yang ingin merayakan Lebaran 2023, di kampung halaman. Sebab, lonjakan pemudik tahun ini diperkirakan akan sangat besar.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pengantar di rapat terbatas (Ratas) Mudik Lebaran 2023, Pelabuhan Merak, Cilegon, Selasa (11/4/2023).

Orang nomor satu di Indonesia ini melanjutkan agar peninjauan arus mudik terus dilakukan, khususnya meminimalisir potensi kemacetan di tol dan area peristirahatan (rest area).

“Kami harapkan utamanya selain Kemenhub, Polri, TNI, BUMN, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota saya minta betul turun ke bawah melihat problem secara detil supaya bisa eksekusi langsung [apabila ada masalah] di lapangan,” katanya, Selasa (11/4/2023).

Jokowi mengingatkan bahwa pada mudik tahun ini diprediksi ada lonjakan jumlah pemudik sekitar 45 persen dibandingkan dengan tahun lalu yaitu dari 86 juta orang menjadi 123 juta orang.

Kepala Negara menegaskan catatan-catatan kendala yang terjadi pada mudik tahun lalu agar dapat perbaiki, dimana permasalah tersebut dirincinya berada di akses Pelabuhan Merak—Bakaheuni dan di jalan tol yang harus menampung lonjakan tinggi pemudik.

“Oleh sebab itu secara detail yang bekerja di lapangan harus betul melihat, sehingga perbaikan dari manajemen tahun lalu arus mudiknya harus lebih baik,” imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengaku menghargai apa yang sudah dilakukan di pihak Pelabuhan Merak lantaran telah menambahkan kapasitas di dermaga 2 sehingga dapat menampung dari 34.000 pemudik menjadi 49.000 orang.

“Ini sebuah jumlah yang cukup besar karena kita tahu yang mudi nanti dari 86.000, tahun ini menjadi 123 juta. Oleh sebab itu, tambahan kapasitas dan dermaga ini penting sekali dan saya lihat juga manajemennya sudah sangat detil pelabuhan mana untuk kendaraan berat, mana kendaraan bermotor, mana kendaraan kecil dan bus saya kira manajemen baik tapi sekali lagi nanti kita lihat jalannya manajemen di lapangan seperti apa,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, mantan Wali Kota Solo ini juga meminta tiga kepala daerah di Pulau Jawa untuk bersiap mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Mudik semuanya nanti utamanya yang menjadi tujuan-tujuan mudik Jawa Tengah ini Pak Gubernur [Ganjar Pranowo], Jawa Timur nanti Bu Gubernur [Khofifah Indar Parawansa], dan Jawa Barat Pak Gubernur [Ridwan Kamil]. Semuanya memang harus bersiap menjelang mudik,” ujarnya usai mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper