Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 7 Orang Tertinggi di Dunia, Tingginya Mencapai 2,72 Meter

Orang tertinggi di dunia, orang paling tinggi di dunia, manusia tertinggi di dunia
7 Orang Tertinggi di Dunia, Tingginya Mencapai 2,72 Meter (freepik)
7 Orang Tertinggi di Dunia, Tingginya Mencapai 2,72 Meter (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda-beda. Tinggi badan sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan nutrisi yang dikonsumsi sejak kecil.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata ada beberapa orang yang mendapatkan predikat orang tertinggi di dunia. Siapakah mereka? Simak penjelasannya berikut ini.

Daftar Orang Paling Tinggi di Dunia

Jika Anda memiliki pertanyaan, siapa manusia tertinggi di dunia? Maka sebaiknya Anda menyimak penjelasan di bawah ini karena kami akan mengulas seputar orang yang tinggi badannya di atas rata-rata manusia pada umumnya.

1. Robert Wadlow

Di posisi pertama ada Robert Wadlow yang menjadi orang tertinggi di dunia dengan tinggi badan mencapai 2,72 meter. Tinggi badan tersebut membuat ia mendapatkan rekor dari Guinness World Record sebagai orang yang paling tinggi di dunia.

Selain tinggi badannya di atas rata-rata, ukuran sepatu Robert juga lebih besar dibandingkan dengan manusia pada umumnya. Robert memiliki ukuran kaki 47 cm lebih besar dari ukuran kaki manusia lainnya.

2. John Rogan

John Rogan juga memiliki tinggi badan 2,72 meter sama seperti Robert. Rogan berasal dari Amerika. Ia mengalami perubahan bentuk saat umurnya 13 tahun.

Namun orang tertinggi di dunia satu ini telah meninggal dunia pada September 1905 saat umurnya menginjak 37 tahun akibat komplikasi ankilosis. Penyakit ini menyebabkan radang sendi, khususnya sendi pada tulang belakang.

3. John Carrol

Di posisi ketiga ada John Carrol yang menjadi orang paling tinggi di dunia. Pria ini berasal dari Amerika dan memiliki tinggi badan 2,64 meter. Dia mengalami pembesaran abnormal pada tangan dan kaki.

Saat usianya 16 tahun, tinggi badannya meningkat dengan cepat. Sama seperti John Rogan, Carrol juga meninggal saat berusia 38 tahun.

4. Leonid Stadnyk

Tak hanya di Amerika, manusia tertinggi di dunia juga ada yang berasal dari Ukraina. Ia bernama Leonid Stadnyk dengan tinggi badan mencapai 2,57 meter. Saat usianya 13 tahun, Leonid pernah menjalani operasi untuk mengangkat tumor di otaknya dan melepaskan hormon pertumbuhan yang tidak normal. Ia meninggal dunia pada umur 44 tahun karena mengalami pendarahan otak secara mendadak.

5. Trijntje Keever

Trijntje Keever merupakan perempuan kelahiran Belanda yang memiliki tinggi badan mencapai 2,54 meter. Sama seperti orang tertinggi di dunia lainnya, Trijntje Keever juga sudah meninggal dunia. Perempuan ini meninggal pada usianya yang masih muda yaitu 17 tahun karena kanker.

6. Vaino Myllyrinne

Vaino juga masuk dalam daftar orang yang tinggi badannya di atas rata-rata. Vaino memiliki tinggi badan mencapai 2,51 meter. Ia berasal dari Finlandia dan sudah meninggal dunia pada tahun 1963 karena penyakit kanker yang dideritanya.

7. Edouard Beaupre

Di posisi ketujuh ada Edouard Beaupre sebagai orang tertinggi di dunia. Pria dari Kanada ini memiliki tinggi 2,51 meter. Dia diketahui sudah meninggal dunia di tahun 1904 akibat tuberkulosis.

Siapa Orang Paling Tinggi di Indonesia?

Selain di luar negeri, di Indonesia juga terdapat orang yang tinggi badannya di atas rata-rata. Pemecah rekor MURI sebagai orang tertinggi di Indonesia yaitu Suparwono dengan tinggi badan mencapai 2,4 meter. Tinggi badan tersebut tentu membuatnya berbeda dengan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Itulah beberapa orang tertinggi di dunia dan di Indonesia. Tinggi badan tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari faktor genetik, nutrisi, hingga adanya kelainan pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper