Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei SMRC: Ganjar Untung jika Kinerja Jokowi Bagus

SMRC menunjukkan ada hubungan erat kinerja pemerintahan Jokowi dengan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) potensial.
Ganjar Pranowo/Bisnis-Akbar
Ganjar Pranowo/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan ada hubungan erat kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) potensial.

Dalam keterangan tertulis pada Senin (27/3/2023), Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan temuan survei menunjukkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan jadi tiga nama bacapres dengan elektabilitas tertinggi.

Ketika ditanya terkait kinerja pemerintah di bidang ekonomi-politik, responden yang memiliki penilaian positif sebesar 79,6 persen. Sebaliknya, yang memiliki penilaian buruk sebesar 20,4 persen.

Dari 79,6 persen yang menilai baik kinerja pemerintah, 40 persen di antaranya cenderung memilih Ganjar. Sedangkan, yang memilih Prabowo hanya 25 persen dan Anies hanya 23 persen. Sisanya, 12 persen belum menjawab.

Di sisi lain, yang menilai negatif kinerja pemerintahan cenderung memilih Prabowo (35 persen) dan Anies (32 persen). Sedangkan Ganjar hanya mendapatkan dukungan 19 persen. Sisanya, 14 persen belum menjawab.

Deni pun menarik kesimpulan, temuan itu menunjukkan pilihan bacapres berhubungan erat dengan kinerja pemerintahan saat ini, terutama dalam sektor ekonomi-politik.

Pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi cenderung memilih Ganjar, sedangkan yang tak puas cenderung mendukung Prabowo dan Anies.

Survei SMRC ini diselenggarakan pada 2-11 Maret 2023 dengan jumlah sampel 1220 yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified multistage random sampling, dengan margin eror kurang lebih 3,1 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper