Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan Mobil

Tiap jalan tol memiliki batas maksimal kecepatannya masing-masing. Pengendara wajib memperhatikan hal tersebut agar tidak kecelakaan.
Ilustrasi: Sebuah pick up kecelakaan di jalan tol/tmcpoldametro-@MayaNoviasari
Ilustrasi: Sebuah pick up kecelakaan di jalan tol/tmcpoldametro-@MayaNoviasari

Bisnis.com, JAKARTA - Berita duka datang dari bulutangkis Indonesia, atlet bulutangkis Syabda Perkasa Belawa tewas karena kecelakaan mobil di Tol Pemalang pada Senin (20/3/23). Korban dalam kecelakaan itu lima orang dan dua di antaranya, termasuk Syabda, meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Al Qudussy mengatakan bahwa pengendara dalam kondisi mengantuk sehingga membentur kendaraan bermotor truk yang melaju searah di depannya. Maka dari itu, masyarakat perlu menjaga diri saat mengendarai kendaraan agar terhindar dari kecelakaan.

Ini tips mengendarai mobil agar tidak kecelakaan:

1. Cek kendaraan sebelum berkendara dan gunakan sabuk pengaman

Mengecek kondisi kendaraan, seperti bensin, tekanan angin, mesin, dan lainnya, sebelum berkendara untuk menghindari kecelakaan karena mesin. Selain itu, jangan pernah lupa menggunakan sabuk pengaman sebagai pengendara maupun penumpang.

2. Hindari dan berhenti menyetir saat mengantuk

Hindari menyetir saat merasa mengantuk. Ketika Anda mengantuk saat menyetir, pinggirkan mobil Anda ke pom bensin, rumah makan, atau pinggir jalan untuk beristirahat untuk menghindari kecelakaan. 

3. Perhatikan kecepatan

Tiap jalan memiliki maksimal kecepatannya masing-masing. Pengendara perlu memperhatikan hal tersebut dan sebisa mungkin jangan berkendara dengan kecepatan tinggi. Berkendara dengan kecepatan rendah lebih mudah dikontrol dibandingkan menggunakan kecepatan tinggi.

4. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan aturan yang ada

Rambu-rambu dan lampu lalu lintas harus diperhatikan dan dipatuhi oleh para pengendara agar dapat berkendara secara aman.

5. Tetap menyalakan lampu pada kendaraan dalam keadaan apapun

Lampu kendaraan sangat penting apalagi dalam keadaan-keadaan tertentu, seperti berkabut, hujan, dan lainnya. Lampu kendaraan dapat menghindari kita menabrak sesuatu atau ditabrak oleh kendaraan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper