Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Niat Sahur Ramadhan Lengkap, Beserta Manfaat dan Artinya

Berikut ini penjelasan doa niat sahur ramadhan beserta manfaatnya yang perlu kamu ketahui sebelum memasuki waktu sahur.
Doa sahur/Freepik
Doa sahur/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Niat sahur ramadhan sebelum menjalankan puasa merupakan rukun yang menjadi ibadah dari amalan tersebut. Dikutip dari situs Kementerian Agama (Kemenag) Pekalongan, rukun puasa ini harus diamalkan bagi pelakunya dan tidak boleh ditinggalkan. Selain niat sahur, kamu juga perlu mengetahui bagaimana doa sahur. 

Dari Mazhab Syafi'i disepakati bahwa makan sahur di bulan Ramadhan adalah sudah dianggap sebagai niat sahur puasa Ramadhan apabila sudah diikuti dengan bacaan niat puasa Ramadhan. Selain membaca niat sahur puasa Ramadhan, agar keberkahan sahur bisa lebih lengkap didapatkan maka kamu bisa membaca doa sahur. Dan pahami juga keutamaan sahur untuk puasa Ramadhan. 

Berikut ini adalah doa niat sahur ramadan dan beberapa hal tentang sahur lainnya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa Niat sahur ramaddan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

2. Doa makan sahur

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullahul mutasahhirin

Artinya: “Semoga Allah menurunkan Rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur”

3. Batas waktu sahur

Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam memberikan penjelasan tentang batas akhir sahur. Ia menjelaskan bahwa waktu imsak yang digunakan di Indonesia adalah bentuk kehati-hatian agar puasa tidak batal ketika adzan subuh berkumandang. Umumnya, imsak berlangsung 10 menit sebelum adzan subuh.

4. Manfaat sahur ramadhan

  • Mencegah dehidrasi 
    Ketika berpuasa, sangat penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh. Setiap harinya, tubuh akan membutuhkan sekitar 2 liter air. Pada bulan Ramadhan, kesempatan untuk minum tentunya menjadi terbatas karena kita hanya bisa minum di sore hari Ketika berbuka dan malam hari hingga imsak. Sahur merupakan salah satu waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. 
  • Menghasilkan energi untuk beraktivitas
    Menurut para ahli, sahur merupakan waktu makan terpenting selama Ramadhan. Kamu yang berpuasa harus menganggap waktu sahur sebagai makan siang. Hal ini dikarenakan sahur sama pentingnya seperti kamu makan siang pada umumnya. 
  • Mencegah hipoglikemia
    Saat sahur merupakan kesempatan untuk mengisi tubuh dan energi. Agar tubuh bisa bekerja, semua sel tubuh akan membutuhkan energi salah satunya berasal dari glukosa darah. Tanpa ada makanan yang masuk dalam jangka waktu yang lama selama berpuasa, maka gula darah akan terpakai oleh sel-sel sebagai sumber energi pengganti.
  • Mempersiapkan tubuh untuk puasa
    Sahur berguna untuk mencegah tubuh mengalami kelaparan secara ekstrem. Lemak yang didapat dari makanan sahur berguna untuk disimpan sebagai cadangan yang dibakar menjadi energi untuk tubuh. 


Itulah penjelasan mengenai doa niat sahur ramadhan dengan manfaat sahur yang perlu kamu ketahui.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper