Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini Muhadjir Effendy Sertijab Jadi Plt Menpora

Menko PMK Muhadjir Effendy akan melakukan serah terima jabatan (sertijab) sebagai Plt Menpora pada hari ini.
Hari Ini Muhadjir Effendy Sertijab Jadi Plt Menpora . Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Hari Ini Muhadjir Effendy Sertijab Jadi Plt Menpora . Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan bahwa serah terima jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpora akan dilakukan pada Kamis (16/3/2023).

Dia mengaku bahwa penunjukannya sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) guna mengisi kekosongan pasca Zainudin Amali memutuskan mengundurkan diri setelah menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) I PSSI.

"Besok inshaAllah sudah ada serah terima saya dengan pak Zainudin Amali," katanya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Lebih lanjut, Muhadjir mengungkapkan kalau dirinya akan melapor kepada yang Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan sertijab. Salah satu yang menjadi tugas prioritasnya nanti ialah soal persiapan Piala Dunia U-20 sebab Indonesia menjadi tuan rumahnya.

"Prioritas kalau yang paling dekat. Kalau yang dimaksud yang paling mendesak, ya, sepak bola untuk piala dunia U-20," imbuhnya.

Sekadar informasi, Kepala Negara memastikan telah memberikan lampu hijau terhadap pengunduran diri Zainudin Amali dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut usai meresmikan TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Sekretariat Negara dan saya tadi sudah menyetujui [keputusannya untuk mundur]," kata Presiden Jokowi dikutip melalui Youtube Sekretariat Kabinet, Senin (13/3/2023).

Meski begitu, Jokowi irit bicara ketika ditanya mengenai siapa pengganti Menpora dari kader partai politik (parpol) Golongan Karya tersebut.

Jokowi hanya mengatakan bahwa saat ini Pelaksana Tugas (Plt) Menpora akan diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan. Namun, sekarang sudah ada Plt-nya, Pak Menko PMK," katanya.

Sebelumnya, kader Partai Golkar Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Surat pengunduran diri telah disampaikan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis (9/3/2023). Akan tetapi secara formal Amali baru bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin (13/3/2023).

"Pagi ini saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg . Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora," ujarnya di Kantor Sekretariat Presiden, Kamis (9/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper