Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Terima Pengunduran Diri Zainudin Amali, Menko PMK Jadi Plt Menpora

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan telah memberikan lampu hijau untuk keputusan dari Zainudin Amali untuk mundur dari posisinya sebagai Menpora.
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali/Bisnis-Akbar
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan telah memberikan lampu hijau terhadap pengunduran diri Zainudin Amali dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut usai meresmikan TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Sekretariat Negara dan saya tadi sudah menyetujui [keputusannya untuk mundur]," kata Presiden Jokowi dikutip melalui Youtube Sekretariat Kabinet, Senin (13/3/2023).

Meski begitu, Jokowi irit bicara ketika ditanya mengenai siapa pengganti Menpora dari kader partai politik (parpol) Golongan Karya tersebut.

Jokowi hanya mengatakan bahwa saat ini Pelaksana Tugas (Plt) Menpora akan diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan. Namun, sekarang sudah ada Plt-nya, Pak Menko PMK," katanya.

Sebelumnya, kader Partai Golkar Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Surat pengunduran diri telah disampaikan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis (9/3/2023). Akan tetapi secara formal Amali baru bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin (13/3/2023).

"Pagi ini saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg . Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora," ujarnya di Kantor Sekretariat Presiden, Kamis (9/3/2023).

Sejatinya, Amali ingin menyampaikan surat pengunduran diri dari Menpora secara formal kepada Presiden Jokowi.

Namun, saat itu Presiden sedang melakukan kunjungan kerja bersama dengan Ibu Negara Iriana ke Provinsi Jawa Tengah dalam rangka meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kembumen, Provinsi Jawa Tengah.

Surat pengunduran diri juga dilayangkan Amali kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) yang juga menjabat Menteri BUMN Erick Thohir.

Amali mundur dari jabatan Menteri dengan alasan ingin fokus mengurus sepak bola sebagai Wakil Ketua Umum PSSI berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

Dia mengakui tidak berat meninggalkan jabatan Menpora karena sudah berkomitmen untuk mengawal Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

"Enggak etis bagi saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang mengurusi semua cabang olahraga kok hanya berfokus pada satu cabang? Akhirnya saya minta izin Pak Presiden dan beliau izinkan," tambah Amali.

Sedangkan dari partai asalnya, Partai Golkar, Amali juga menyebut tidak menyodorkan nama tertentu. Menurutnya, pengganti Menpora adalah ranah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper