Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solo Siapkan Skenario Meriah Sambut Jokowi Pulang: Videotron, Tarian, hingga Marching Band

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan disambut dengan meriah oleh pemerintah kota (pemkot) Solo di hari kepulangannya pada Minggu, 20 Oktober 2024.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pertanyaan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu, 21 September 2024. Foto: BPMI Setpres/Vico
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pertanyaan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu, 21 September 2024. Foto: BPMI Setpres/Vico

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan pulang ke kampung halamannya di Solo, saat pelantikan Prabowo-Gibran pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Telah disiapkan berbagai penyambutan untuk menyapa Jokowi yang resmi lengser dari jabatannya. Penyambutan itu akan dilakukan dengan meriah di beberapa titik.

Namun sebelum itu, istana juga telah menyiapkan dua skenario kepulangan Jokowi. Yakni melalui jalur darat dan jalur udara.

Ribuan warga yang terdiri dari berbagai kelompok relawan diketahui siap menyambut Jokowi di kompleks Bandara Adi Sumarmo Solo.

Tak hanya itu, sejumlah siswa sekolah juga akan diminta menyambut Jokowi. Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sementara Wali Kota Surakarta Dhoni Widianto, Kamis (17/10), dikutip dari Antara.

Dhoni menyebutkan, persiapan menyambut Jokowi di Solo dilakukan dengan berbagai cara yakni antara lain pemasangan baliho dan videotron.

"Pemasangannya di beberapa titik, sudah kami tentukan. Kami siapkan acara penyambutan secara sederhana untuk kepulangan Pak Jokowi dan Bu Iriana. Saat ini masih kami koordinasikan," katanya.

Dhoni mengatakan bahwa penyambutan tersebut sebagai bentuk penghormatan dan rasa terima kasih karena sudah memimpin Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Selain itu, pihaknya juga masih melakukan konfirmasi ulang kepada pihak protokol Istana.

Kemudian akan dilakukan juga koordinasi dengan para pemangku wilayah di dua kabupaten yang dilalui oleh Presiden Jokowi dari Bandara Adi Soemarmo menuju Sumber, yakni Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar.

"Kami juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk kondusivitas saat penyambutan berlangsung," katanya.

Sejalan dengan itu, Kabag Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Solo, Sulistiarini mengatakan sejumlah acara penyambutan telah dipersiapkan.

Senario penyambutan besar-besaran direncanakan dilakukan dengan melibatkan puluhan ribu warga, siswa sekolah, pejabat pemerintah, ASN, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Ada beberapa bentuk penyambutan, baik dalam bentuk visual di baliho, videotron dan spanduk, penyambutan oleh warga dan siswa sekolah di sepanjang jalan yang dilewati, maupun penyambutan di kediaman," katanya, dikutip dari situs resmi RRI, Sabtu.

Di sepanjang jalan yang dilewati rombongan kendaraan Jokowi mulai Tugu Makutha hingga rumah pribadi di Sumber, menurut Sulistiarini, siswa sekolah akan mengibarkan bendera merah putih.

“Di Tugu Makutha ada Tarian Gajah Krumpyung yang disajikan warga dan Disbudpar. Di Tugu Wisnu ada Tari Butho Gedruk. Di persimpangan Fajar Indah ada marching band dari TNI, di persimpangan Sumber ada pertunjukan reog, dan untuk menghibur tamu-tamu yang transit di sebelah timur rumah beliau ada pertunjukan keroncong dari Kelurahan Sumber,” urainya.

Adapun konsep seremoni di rumah Jokowi, kata Sulistiarini, cenderung simpel.

“Hanya ada sambutan penyerahan dari pihak yang mengantar, yang mungkin Panglima TNI. Tapi kami masih menunggu perkembangan selanjutnya. Selanjutnya ada sambutan penerimaan dari Camat Banjarsari didampingi Lurah Sumber, Ketua RT/RW setempat serta Ketua LPMK,” kata dia


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper