Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Pendaftaran SNBT 2023, Ini 10 PTN Terfavorit Tahun 2022

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 akan dibuka pada 23 Maret hingga 14 April 2023. Berikut 10 PTN terfavorit.
Universitas Padjajaran (Unpad)/unpad.ac.id
Universitas Padjajaran (Unpad)/unpad.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 akan dibuka pada 23 Maret hingga 14 April 2023. Berikut 10 perguruan tinggi negeri (PTN) terfavorit atau paling diminati tahun 2022.

SNBT menjadi jalur seleksi mahasiswa baru yang paling diminati oleh para pendaftar. Hal ini lantaran SNBT memiliki kuota penerimaan yang lebih besar jika dibandingkan dengan jalur penerimaan lainnya, yaitu sebanyak 40 persen untuk PTN dan 30 persen untuk PTNBH.

Mengutip dari laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, Selasa (14/3/2023), seleksi yang akan dilakukan dengan tes berbasis komputer ini akan dinilai berdasarkan 4 kemampuan siswa, yakni potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Adapun, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memutuskan untuk menghapus tes mata pelajaran atau akademik dalam pelaksanaan SNBT tahun ini.

Hal ini dilakukan agar siswa terdorong untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan pemecahan masalah yang mereka miliki, serta untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi maupun kualitas pembelajaran dari sekolah asal yang berbeda.

10 PTN Paling Diminati di SBMPTN 2022

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya kembali menjadi PTN yang paling diminati pada UTBK-SMPTN. Pada 2022, peminat PTN yang berlokasi di Malang, Jawa Timur itu bahkan tembus 60.000 ribu peminat atau tepatnya 61.180.

Capaian tersebut membuat UB berhasil menggeser Univesitas Gadjah Mada yang pada SBMPTN 2021 menduduki posisi teratas PTN dengan peminat terbanyak.

Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran menempati posisi kedua PTN dengan peminat terbanyak pada SBMPTN 2022. Tercatat, ada 56.529 calon mahasiswa baru yang mendaftar ke universitas tersebut melalui jalur SBMPTN.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpas Arief S. Kartasasmita mengatakan, program studi Ilmu Komunikasi menjadi program studi dengan tingkat keketatan tertinggi pada pelaksanaan tes berbasis komputer itu.

Universitas Diponegoro

Di posisi selanjutnya ada Universitas Diponegoro dengan total pendaftar jalur SBMPTN 2022 sebanyak 55.758 orang. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 3.258 peserta saja yang dapat diterima melalui jalur tes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper