Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantah Perjodohan Politik, Ini Alasan Jokowi Ajak Ganjar dan Prabowo ke Panen Raya

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya mengajak Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Ganjar.
Empty
Empty

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya mengajak Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat peninjauan panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis (9/3/2023).

Kepala Negara menegaskan bahwa kejadian tersebut hanya kebetulan belaka dan tak ada maksud lainnya, khususnya terkait dengan perjodohan politik agar keduanya maju di pemilihan umum (pemilu) 2024 yang santer sedang ramai diperbincangkan.

“Itu agenda panen raya, panen raya di sawah. Kebetulan Pak Prabowo mau ke Magelang, saya ajak bareng, turun di Kulonprogo, karena pertemuan Pak Prabowo siang ya sudah kami ke sawah dulu, ke panen raya. Ada saya, ada pak Ganjar, ada Pak Prabowo, sudah,” tuturnya kepada wartawan, Senin (13/3/2023). 

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu mengaku bahwa semua pejabat publik tentunya merupakan sosok ideal untuk memimpin Negara untuk melanjutkan estafet pemerintahannya usai 2024 mendatang.

“Ideal semua,” pungkas Jokowi.

Sekadar informasi, ada hal yang menarik pada Rabu Pon pada 8 Maret 2023 kali ini, sebab Jokowi tak melakukan perombakan kabinet, tetapi justru terlihat makin akrab melakukan secara berurutan agenda bersama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Pertama, pada Rabu (8/3/2023) Presiden Joko Widodo menyaksikan langsung penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 dan C-130H A-1315 oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Acara penyerahan digelar di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, 8 Maret 2023. 

Dalam keterangannya selepas acara, Presiden RI Ke-7 itu menyaksikan penyerahan pesawat Super Hercules TNI AU oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selanjutnya, pada hari ini, Kamis (9/3/2023) Presiden asal Surakarta ini kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Ketua Umum (Ketum) partai Gerindra tersebut.

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan Menhan bersama rombongan tiba di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar pukul 08.00 WIB.

Deputi Bidang Protokoler, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin pun mengungkapkan alasan mengapa Kepala Negara mengajak Prabowo untuk membersamainya dalam kunjungan kerja Presiden padahal tak ada tugas yang berkaitan langsung dengan Menhan dari Kabinet Indonesia Maju ini. 

Salah satunya, Bey menyebutkan dengan meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani secara bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Desa Lajer, Kecamatan Ambal itu diharapkan Prabowo dapat memahami permasalahan rakyat di lapangan secara langsung. 

“Presiden ingin agar Pak Prabowo memahami masalah-masalah di lapangan yang dihadapi petani. Hal ini perlu diketahui Pak Prabowo mengingat beliau juga diberi tugas menangani food estate di Kalimantan Tengah. Selain itu, tidak sedikit juga masyarakat yang ada di pulau terluar yang memilih profesi sebagai petani,” tuturnya melalui pesan singkat, Kamis (9/3/2023).

Dia pun melanjutkan, alasan selanjutnya Jokowi mengajak rivalnya di Pemilihan Presiden (pilpres) 2014 dan 2019 ini untuk meresmikan tambak budidaya udang berbasis kawasan di Desa Plesung agar Prabowo dapat melihat peluang sumber kekayaan alam di Tanah Air.

“Untuk tambak udang, Presiden ingin agar Pak Prabowo dapat melihat peluang di pulau-pulau terluar yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, mengingat  pulau terluar itu juga menjadi pertahanan Negara,” katanya.

Selanjutnya, Bey juga menekankan bahwa Prabowo pun ikut rombongan kunjungan kerja kali ini dikarenakan dirinya memiliki agenda lain di Magelang, Jawa Tengah. 

“Dan hari ini Presiden mengajak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam kunjungan kerja ke Jawa Tengah karena di hari yang sama Pak Prabowo memiliki agenda kerja ke Magelang pada siang harinya,” pungkas Bey belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper