Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhan Prabowo Keren, RI Jadi Negara ASEAN Kedua yang Beli Kapal Selam Monster Scorpene

Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, bakal memperkuat perairan RI dengan kapal selam monster Scorpene .
Kapal selam monster Scorpene/Naval Technologi
Kapal selam monster Scorpene/Naval Technologi

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, bakal memperkuat perairan RI dengan kapal selam monster Scorpene.

Scorpene sendiri merupakan kapal selam buatan Prancis dengan ketangguhan yang luar biasa.

Mengutip Naval Technology, kapal selam kelas Scorpene merupakan produk yang dikembangkan secara bersama oleh DCNS (BUMN Prancis bidang pembuatan kapal) yang kini bernama Naval Group, dan perusahaan konstruksi kapal asal Spanyol, Navantia.

Sebagai salah satu produk Prancis, jelas Scorpene punya kualitas yang tak boleh dipandang sebelah mata. Kapal ini dianggap mampu menjaga Natuna Utara yang belakangan mendapat ancaman semakin nyata.

Indonesia sendiri sudah meneken kerjasama pembelian dua unit Scorpene ini pada 13 Februari 2022 lalu.

"Kesepakatan kerja sama telah tercapai, antara Indonesia dan Perancis untuk riset dan pengembangan The Scorpène Submarine atau Kapal Selam Scorpene," bunyi keterangan Kemenhan.

"Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembangunan 2 unit kapal selam Scorpene dilakukan oleh CEO PT PAL & Naval Group dan disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto & Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly, Kamis, 10 Februari 2022 di Kemhan RI, Jakarta," tambah keterangan tersebut.

Kapal selam Scorpene adalah kapal selam propulsi konvesional, yang dirancang untuk semua jenis misi termasuk peperangan anti permukaan (anti surface warfare), peperangan anti kapal selam (anti submarine warfare), operasi khusus dan intelijen.

Hadirnya kapal selam Scorpene, sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan armada pertahanan matra laut, membantu mengamankan wilayah perairan serta memperkuat industri pertahanan Indonesia.

Kerennya, Indonesia bakal menjadi negara ASEAN kedua yang akan memiliki moster laut yang satu ini.

Sebelumnya, negara tetangga RI, Malaysia sudah memesan dua unit Scorpone pada tahun 2002 lalu.

Bahkan, kapal selam Scorpene telah secara resmi mulai beroperasi di perairan Malaysia sejak tahun 2009. Akan tetapi tentu saja, akan ada perbedaan spesifikasi antara Scorpene yang dibeli Malaysia dan Indonesia.

Selain Malaysia, Chili, Spanyol, India, dan Brasil juga menjadi negara yang mengandalkan kapal selam Scorpone ini untuk menjaga wilayah perairan mereka. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper