Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yusril Akan Bertemu Megawati dan Mardiono, Ini yang Dibahas

Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra akan bertemu Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Plt Ketum PPP Mardiono.
Yusril Ihza Mahendra/Ilustrasi
Yusril Ihza Mahendra/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra akan bertemu Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Plt. Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono dalam waktu dekat.

Yusril pertama-tama akan menemui Mardiono di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat pada Senin (13/2/2023). Sedangkan pertemuan dengan Megawati belum dapat dipastikan waktunya. Meski begitu, Yusril menyatakan sudah ada kesepakatan pertemuan antara dirinya dengan Mega.

“Dengan Bu Megawati sedang disusun waktunya oleh Pak Hasto [Sekjen PDIP]. Pada saat saya bertemu langsung [dengan Mega], kita sudah sepakat untuk membahas soal ketatanegaraan,” jelas Yusril di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2023).

Dia mengatakan, silaturahmi dengan partai politik (parpol) lain penting bagi PBB. Yusril mengungkapkan kelemahan utama PBB adalah finansial.

Oleh sebab itu, dia ingin membangun koalisi dengan parpol lain. Koalisi itu, harapnya, dapat jadi solusi kelemahan finansial PBB untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Sebagai partai kita enggak ada duitnya. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan membangun koalisi bersama partai-partai lain, baik sesama partai Islam dan partai nasionalis,” ungkap mantan menteri sekretariat negara itu.

Selain membahas kemungkinan koalisi, Yusril juga tak menampik nantinya mereka juga membahas persoalan sistem pemilu proporsional tertutup/terbuka. Menurutnya, PDIP dan PBB lebih menyukai proporsional tertutup.

Sedangkan PPP, lanjutnya, meski sudah menyatakan sikap mendukung proporsional terbuka namun tak diinternalnya sendiri masih ada perdebatan.

“Ya nanti akan kita bahas [soal sistem pemilu proporsioanl terbuka/tertutup],” ungkap Yusril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper