Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotel Sultan Saksi Bisu Duel Jokowi-Prabowo Kini Sah Milik Negara

Hotel Sultan yang kini sah menjadi milik negara ini pernah saksi bisu duel Jokowi dan Prabowo Subianto saat Debat Capres 2019.
Hotel Sultan / Dok. The Sultan Hotel Jkt
Hotel Sultan / Dok. The Sultan Hotel Jkt

Bisnis.com, JAKARTA - Hotel Sultan kini sah menjadi milik dan akan dikelola penuh oleh negara dari PT Indobuildco. Hotel tersebut pernah menjadi saksi bisu "duel" Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto saat Debat Capres 2019.

Pengambilalihan hak tersebut didapatkan usai pemerintah memenangkan gugatan putusan peninjauan kembali atau PK atas sengketa lahan Blok 15 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) atau bangunan Hotel Sultan.

Berdasarkan putusan tersebut, nantinya hak guna bangunan (HGB) Hotel Sultan ditetapkan secara sah menjadi milik negara melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

Hotel yang berlokasi di Kawasan GBK, Jakarta ini sebelumnya bernama Hotel Hilton. Dibangun pertama kali oleh perusahaan Inggris, Cementation Company, yang merupakan bagian dari Trafalgar House.

Pada 1996, Singgasana Hotel and Resort, atau yang dulunya dikenal dengan Grup Hotel Singgasana, mulai mengelola hotel tersebut sebagai joint venture Indobuildco-Hilton International, menggantikan grup Hilton.

Sebagai informasi, Singgasana Hotel and Resort merupakan perusahaan manajemen perhotelan yang mengelola beragam portofolio hotel, tempat tinggal, dan pusat konvensi internasional di seluruh Indonesia. Selain Hotel Sultan, properti unggulan dari perusahaan ini yaitu Singgasana Hotel Makassar, Jakarta Convention Center, dan HOUSE Sangkuriang Bandung.

Lantaran kontrak kerja sama berakhir setelah 30 tahun lamanya, pada 2006 hotel ini berganti nama menjadi Hotel Sultan.

Hotel yang berdiri sejak 1976 ini dirancang oleh tim arsitektur Ed Killingsworth dan memiliki sebanyak 1.104 kamar, dengan lima pilihan kamar yang ditawarkan, mulai dari deluxe room, grand deluxe room, junior suite room, executive room, dan lanais room.

Berdasarkan pantauan Bisnis di salah satu aplikasi perjalanan, tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp1.474.158 hingga Rp4.082.166. Fasilitas yang ditawarkan antara lain fasilitas olahraga, tempat bermain anak, dan rekreasi lainnya.

Sebagai informasi, hotel ini menjadi saksi bisu debat Pilpres 2019, yang kala itu mempertemukan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selain itu, Hotel Sultan menjadi salah satu tempat singgah para atlet, selama kegiatan Asian Games 2018 berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper