Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Populasi Makin Menua, Jepang Terancam Krisis Tenaga Kerja!

Jepang menghadapi ancaman krisis tenaga kerja karena jumlah angka kelahiran yang semakin sedikit.
street Harajuku, Jepang/
street Harajuku, Jepang/

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang mencatat total angka kelahiran paling rendah dalam sejarahnya. Penurunan angka kelahiran ini terus mengancam populasi di Jepang yang semakin menua.  

Kementerian Kesehatan Jepang melaporkan bahwa jumlah bayi lahir hanya sebanyak 799.728 pada 2022 atau turun 5,1 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini menjadi yang terendah sejak pencatatan dimulai pada tahun 1899.

Sebaliknya, jumlah kematian naik 8,9 persen menjadi 1,58 juta untuk periode yang sama.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (28/2/2023), penurunan jumlah kelahiran semakin mempersulit Jepang dalam melakukan regenerasi tenaga kerja. Hal ini berpotensi  mengancam stabilitas ekonomi negara bunga sakura tersebut.

Selain ancaman tenaga kerja, Jepang nantinya juga harus mengeluarkan anggaran yang lebih banyak untuk mengantisipasi pembekakan biaya perawatan warga lanjut usia.

"Kami menyadari bahwa penurunan angka kelahiran adalah situasi yang kritis. Berbagai faktor saling terkait secara rumit, mencegah individu untuk mewujudkan harapan mereka untuk menikah, melahirkan anak, dan membesarkan anak." kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki.

Pemerintah Jepang sendiri telah berusaha untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja. Mereka mendorong lebih banyak perempuan untuk bekerja dan menerima beberapa imigran.

Adapun, Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida telah menjadikan dukungan untuk anak-anak dan keluarga sebagai prioritas.

Yoshihiko menjelaskan pemerintah akan melaksanakan kebijakan pengasuhan anak dan keluarga serta menyajikan kerangka kerja untuk menggandakan anggaran bagi mereka.

Pemerintah juga telah mengalokasikan US$35,2 miliar dari anggaran tahun fiskal 2023 untuk sebuah badan baru yang didedikasikan bagi anak-anak dan keluarga mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper