Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu Haji Furoda? Ini Syarat dan Perbedaannya dengan Haji Plus

Haji furoda adalah program haji tanpa menunggu antrean. Berikut syarat, cara daftar, hingga biaya yang harus dibayarkan.
Haji Furoda adalah Program Haji Tanpa Antrean, Ini Ulasannya - Pixabay
Haji Furoda adalah Program Haji Tanpa Antrean, Ini Ulasannya - Pixabay

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Islam, bisa menunaikan ibadah haji merupakan sebuah impian. Pasalnya, untuk berangkat haji, calon jamaah harus menunggu bertahun-tahun lamanya.

Tapi, tahukah Anda ada jenis haji furoda? Haji furoda adalah jenis program haji tanpa antrean. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Haji Furoda?

Mengutip dari nu.or.id, haji furoda adalah haji non kuota. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2009, haji ini tidak diakui pemerintah Indonesia karena tidak masuk dalam kuota resmi rombongan haji Indonesia.

Meskipun demikian, haji furoda tetap legal karena Arab Saudi sebagai negara tujuan telah menyediakan visa khusus yang dikenal dengan nama visa mujamalah. Dengan visa haji furoda ini, maka jamaah yang sudah mendaftar bisa langsung menunaikan ibadah haji di tahun tersebut tanpa perlu antre.

Rombongan haji ini tidak ditangani pemerintah. Jamaah haji furoda langsung mendaftarkan diri dan membayar biaya hari ke agen perjalanan. Tidak adanya campur tangan pemerintah, membuat masyarakat perlu teliti dalam memilih agen perjalanan yang amanah.

Syarat Haji Furoda dan Cara Daftarnya

Sebelum mendaftar haji furoda, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Fotocopy akta kelahiran, KTP, kartu keluarga atau akta nikah.
  • Foto 3 x 4 dan 4 x 6 background putih masing-masing 10 lembar.
  • Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan. uang muka pendaftaran USD 10.000/orang.
  • Surat pernyataan.
  • Buku vaksin.
  • Melunasi sisa pembayaran ketika mendapatkan visa mujamalah.

Setelah semua syarat terpenuhi, Anda sudah bisa langsung mendaftar haji furoda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungi agen perjalanan untuk mencari informasi seputar visa haji furoda.
  • Setelah itu, lakukan pendaftaran online dan kirimkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan.
  • Lengkapi urusan administrasi dan lakukan pembayaran uang muka.
  • Setelah pembayaran terkonfirmasi, agen perjalanan akan memproses pendaftaran tersebut dan memberitahukan ke Kementerian Agama.
  • Calon jamaah haji menunggu jadwal keberangkatan dari Kedutaan Arab Saudi Melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.
  • Jika sudah mendapatkan visa, calon jamaah sudah pasti bisa berangkat haji di tahun tersebut. Akan tetapi, pembayaran harus dilunasi terlebih dahulu.

Berapa Biaya Haji Furoda?

Haji furoda mempermudah umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji dengan cepat. Akan tetapi, biaya haji ini tidak murah. Diketahui biaya haji furoda sekitar USD 15.500 atau sekitar Rp 231 juta. Meskipun mahal, fasilitas yang diberikan sebanding dengan biaya tersebut.

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus

Masih banyak yang mengira bahwa haji furoda sama dengan haji plus. Padahal keduanya merupakan kategori yang berbeda. Berikut ini perbedaan antara haji furoda dan haji plus.

1. Pengertian

Haji furoda adalah pelaksanaan haji karena undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Jamaah haji furoda nantinya akan menggunakan visa mujamalah yang dikeluarkan oleh kedutaan negara, sehingga tidak perlu antre.

Sementara itu, haji plus adalah program haji resmi yang masuk dalam kuota pemerintah lewat Kementerian agama. Calon jamaah yang mendaftar dalam program haji plus tetap harus menunggu antrean, hanya saja jangka waktunya tidak lebih lama dari haji reguler.

2. Harga dan fasilitas

Jika dilihat dari harga, haji furoda lebih mahal dibandingkan haji plus. Harga haji furoda sekitar Rp231 juta, sedangkan haji plus Rp164 juta.

Fasilitas yang diberikan pun berbeda. Fasilitas untuk haji furoda diketahui lebih mewah dibandingkan haji plus.

Itulah penjelasan seputar haji furoda yang perlu diketahui. Jika Anda ingin segera menunaikan ibadah haji tanpa harus menunggu antrean, haji furoda bisa menjadi solusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper