Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diminta Jokowi Fokus di PSSI, Menpora Segera Mundur?

Zainudin Amali mengaku sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berfokus dalam menangani persepak bolaan Tanah Air.
Pengurus PSSI yang baru saat memberikan keterangan ke awak media usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (20/2/2023)./JIBI-Akbar Evandio.
Pengurus PSSI yang baru saat memberikan keterangan ke awak media usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (20/2/2023)./JIBI-Akbar Evandio.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berfokus dalam menangani sepak bola.

Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan bersama Kepala Negara bersama dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum (Waketum) II PSSI Ratu Tisha Destria, dan para Exco PSSI di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (20/2/2023).

“Jadi, saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola,” ujarnya saat ditemui di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023).

Meski begitu, Wakil Ketua Umum I PSSI itu irit bicara saat menerjemahkan fokus tersebut dapat diartikan sebagai keputusannya untuk mundur dari kabinet Indonesia Maju, yaitu sebagai Menpora.

“Begini kan saya sudah sampaikan saya akan konsentrasi dan fokus di sepa bola kemudian Presiden mengizinkan. Silahkan [artikan sendiri]. Sudah? Oke? Masa yang begitu harus diterjemahkan panjang-panjang lagi,” katanya.

Dia melanjutkan bahwa Presiden RI Ke-7 tersebut mengetahui bahwa dirinya terpilih menjadi wakil ketua umum (waketum) PSSI periode 2023-2027 pada Kamis (16/2/2023), di mana Zainudin memperoleh 66 suara. Hasil tersebut diperoleh saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta.

“Beliau menyerahkan kepada saya karena saya menyampaikan kepada teman-teman saya harus memilih dan saya sampaikan kepada Bapak Presiden, ‘Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI’ dan itu dipahami oleh beliau dan beliau mengizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola. Jadi, beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick Thohir dan Bu Ratu Tisha dan teman-teman Exco,” papar Zainudin.

Sekadar informasi, Menpora sejatinya tak menjadi kandidat dengan perolehan suara terbanyak dalam bursa pemilihan, sebab hanya mengoleksi 44 vote dari pemilik suara, kalah dibanding dua calon lain: Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi, yang masing-masing mengantongi 54 serta 53 suara.

Meski begitu, jalan Zainudin Amali untuk naik ke kursi tertinggi nomor dua federasi mendadak terbuka setelah Yunus Nusi memutuskan mundur. Sehingga dirinya langsung diangkat menjadi Waketum 1 lantaran diklaim memiliki pengalaman lebih lama di sepak bola.

Situasi tersebut membuat Menpora kini memiliki jabatan rangkap. Tak hanya mengurusi sepak bola bersama Erick Thohir, tetapi dirinya juga masih menempati posisi menteri yang membawahi olahraga secara keseluruhan dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper