Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menagih Janji Menpora, Siap Mundur Jabatan saat Terpilih Waketum PSSI?

Menpora Zainudin Amali terpilih menjadi wakil ketua umum (waketum) PSSI periode 2023-2027 dengan perolehan 63 suara.
Manpora Zainudin Amali/Bisnis-Akbar
Manpora Zainudin Amali/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, SOLO - Menpora Zainudin Amali terpilih menjadi wakil ketua umum (waketum) PSSI periode 2023-2027 pada Kamis (16/2/2023).

Zainudin memperoleh 66 suara. Hasil tersebut diperoleh saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Menpora akan didampingi oleh Yunus Nusi sebagai Waketum PSSI, yang mendapat 63 suara. Keduanya berhasil mengalahkan 14 calon lain dalam pemilihan ini.

Janji mundur jabatan

Sebelumnya, Zainudin Amali mengaku siap mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) apabila terpilih menjadi waketum PSSI.

Menurutnya, ia akan fokus mengurus PSSI dan siap menerima konsekuensinya. Pasalnya cabang olahraga (cabor) lain merasa akan di-anak tiri-kan olehnya apabila ia fokus di sepak bola.

"Saya kira konsekuensi yang harus akan terima nanti ya berhenti dari Menpora. Dan itu pun saya harus lapor presiden," ujar Zainudin, dikutip dari Youtube Obrolan Malam BTV Episode 44 pada 19 Januari 2023.

Laporan Presiden Jokowi

Apapun hasil pada KLB PSSI, ia akan melaporkan Presiden Joko Widodo. Ia pun sempat mengaku bahwa tak mungkin dirinya merangkap jabatan.

"Tidak fair. Saya harus fokus, saya harus detail tentang itu," lanjut Zainudin.

Di lain sisi dalam keterangan resminya, Zainudin mengaku tidak ada kewajiban untuk mundur dari jabatannya yang sekarang.

"Secara etika saya Menteri yang urus banyak cabor (cabang olahraga). Sekarang harus urus satu. Itu tak etis," ucapnya pada Jumat (10/2).

Zainudin merasa ia ingin melakukan sesuatu yang lebih terhadap sepak bola Indonesia, terlebih adanya dukungan dari FIFA.

Meskipun apapun keputusannya, ia tetap harus berkonsultasi dengan Presiden Jokowi mengenai masalah ini.

“Nah, saya akan segera melapor kepada Pak Presiden, sudah tunggu saja, jangan cepat-cepat. Saya bilang saya mau lapor pak presiden. 'Pak presiden, saya sudah terpilih jadi waketum PSSI,'. Tunggu aja, satu dua hari,” ujarnya di Hotel Shangrilla, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Politikus berdarah Gorontalo ini mengatakan usai melapor kepada Kepala Negara dirinya akan menerima keputusan selanjutnya dari orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

“Saya tunggu saja keputusan Presiden. Saya akan menyerahkan kepada Presiden karena saya hanya pembantu presiden,” katanya.

Selanjutnya, Zainudin mengaku bahwa visinya akan sejalan dengan kehendak dari Erick Thohir yang telah menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 usai meraih keunggulan suara mutlak dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 yang berlangsung di Hotel Shangrilla, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

“Jadi, posisi saya Waketum, sehingga kita menjalankan apa yang jadi visi misi Ketum. Waketum dan Exco tidak ada visi misi. Satu, hanya bantu ketua umum menjalanlan visi misinya,” pungkas Zainudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper