Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Akrab Luhut dan Surya Paloh Makan Bareng di Wisma Nusantara

Peter F Gontha mengunggah pertemuan antara Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.
Luhut Pandjaitan dan Surya Paloh tampak sedang berbincang sembari makan siang di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023)./ Sumber: Peter F Gontha
Luhut Pandjaitan dan Surya Paloh tampak sedang berbincang sembari makan siang di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023)./ Sumber: Peter F Gontha

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Peter F Gontha mengunggah momen pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Pada unggahan tersebut, Luhut tampak sedang berbincang dengan Surya Paloh. Kedua tokoh itu berbincang sembari menyantap makan siang di sebuah tempat yang berada di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Makan siang, tadi jam 12.00. Di Wisma Nusantara," ujarnya kepada Bisnis saat dikonfirmasi, Jumat (3/2/2023).

Peter pun mengonfirmasi bahwa komunikasi antara Luhut dan Surya "intens". Salah satunya setelah keduanya bertemu di Eropa, sesuai dengan unggahan Peter sebelumnya. Dia juga mengatakan keduanya membahas banyak hal, tanpa diinfokan secara spesifik.

Pengusaha itu juga membantah apabila pertemuan antara keduanya berkaitan dengan isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang santer diberitakan belakangan ini. Peter justru menyebut bingung akibat pemberitaan mengenai isu reshuffle menteri-menteri dari Partai NasDem.

"Bukannya reshuffle kemarin Rabu Pon? Jadi bingung saya baca berita?," tuturnya.

Seperti diketahui, Luhut dan Surya memang tidak pernah jauh. Keduanya sama-sama sudah berada di barisan pemerintahan Presiden Jokowi sejak 2014, di mana Luhut pertama kali menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan, dan partai Surya menjadi partai pemerintah.

Keduanya juga tak pernah jauh lantaran keduanya punya latar belakang dari Partai Golkar. Saat ini, Luhut menempati posisi Dewan Kehormatan Golkar, sementara itu Surya merupakan alumni dari partai berlogo pohon beringin itu.

Pada unggahan akun Instagram @petergontha, Peter mengatakan bahwa pertemuan antara kedua politisi itu merupakan hari yang khusus untuk nasionalisme dan persatuan.

"Terlepas dari persaingan para kandidat Presiden, bangsa ini senyatanya membutuhkan figur pemimpin yang bisa menjawab tantangan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi bangsa ini," ujar Peter pada akun Instagramnya.

Peter mengatakan terdapat dua cara untuk memecahkan permasalahan Indonesia saat ini. Pertama, bagaimana mengakhiri polarisasi yang semakin tajam di tengah masyarakat dan merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa yang tercabik sebagai imbas media, media sosial, dan kontestasi politik yang tak berkesudahan.

Kedua, dalam waktu bersamaan bangsa ini dihadapkan pada tantangan dan tekanan ekonomi dan geopolitik global yang membutuhkan gerak langkah bersama dalam persatuan yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper