Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantor Cabang Digeledah Kejaksaan, Ini Respon PT Pegadaian

PT Pegadaian mendukung aksi yang dilakukan Kejari Jaksel untuk menumpas tindak pidana korupsi di Pegadaian
Nasabah beraktivitas di salah satu kantor cabang Pegadaian di Jakarta, Rabu (9/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Nasabah beraktivitas di salah satu kantor cabang Pegadaian di Jakarta, Rabu (9/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pegadaian mendukung langkah Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk melakukan tindakan hukum terhadap pelaku fraud di Kantor Cabang Kebayoran Baru.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian, Yudi Sadono mengatakan bahwa pihaknya memastikan dukungan atas dinaikannya proses penyelidikan ke penyidikan oleh pihak Kejari Jaksel.

Dukungan tersebut diberikan karena menurutnya hal ini sejalan dengan program bersih-bersih BUMN yang dicanangkan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kami berkomitmen untuk terus menegakkan budaya AKHLAK yang menjadi budaya perusahaan BUMN dan Anak Usaha BUMN. Oleh karena itu begitu tim internal perusahaan menemukan tindakan fraud yang dilakukan karyawan yang tidak amanah, kami melakukan langkah-langkah penegakan aturan baik peraturan internal maupun langkah hukum pidana yang berlaku,” ujar Yudi dalam keterangannya, Sabtu (7/1/2023).

Kemudian Yudi mengatakan bahwa kasus ini bermula dari temuan pemeriksaan tim audit internal pada kurun waktu September-Oktober 2022. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan pelanggaran prosedur dalam pemberian pinjaman gadai Kredit Cepat Aman (KCA) yang berujung pada proses hukum yang dilakukan oleh Kejari Jaksel

Dirinya juga menjelaskan bahwa pelanggaran prosedur yang terjadi tidak menimbulkan kerugian material pada nasabah. Oleh karena itu dirinya meminta agar nasabah tidak perlu khawatir terdampak oleh kejadian tersebut.

“Penegakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance atau GCG merupakan harga mati bagi bagi kami. Terbukti dengan dukungan kami dengan dukungan kami terhadap langkah-langkah yang diambil apparat penegak hukum,” ucap Yudi

Diketahui, Kejaek Jaksel menggeledah Kantor Pegadaian cabang Kebayoran Baru dan rumah pribadi pimpinan cabangnya atas nama AMK pada hari ini Jumat 6 Januari 2023. 

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Syarief Sulaeman Nahdi mengemukakan bahwa kedua lokasi tersebut digeledah untuk mencari barang bukti terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan dalam penyaluran fasilitas Kredit Cepat Aman (KCA) senilai puluhan miliar yang terjadi di Kantor Pegadaian cabang Kebayoran Baru tahun 2022.

"Dari penggeledahan di kedua lokasi itu telah kami sita puluhan dokumen dan alat elektronik yang diduga kuat ada kaitannya dengan kasus itu," tutur Syarief kepada Bisnis di Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper