Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Bisa Jemawa, Jet Tempur Su-35S Makin Trengginas di Udara

Rusia tampaknya akan semakin jemawa, jet tempur Su-35S mereka semakin trengginas di udara.
Ilustrasi jet tempur Su-35S
Ilustrasi jet tempur Su-35S

Bisnis.com, SOLO - Rusia bisa makin jemawa dengan kekuatan militer udaranya. Sebab hanya berbekal Su-35S, Kremlin sudah berhasil membuat kekacauan di langit Ukraina.

Menurut Kementrian Pertahanan, pada 29 Desember 2022 kemarin, Kremlin sukses menembak jatuh tiga pesawat tempur Ukraina.

Menariknya, itu dilakukan hanya berbekal sebuah jet tempur Su-35S. Tiga jet tempur Ukraina yang berhasil ditekuk Su-35S adalah sebuah MiG-29, dan dua helikopter Mi-8.

“Penerbangan Tempur Angkatan Udara Rusia telah menembak jatuh 1 MiG-29 Angkatan Udara Ukraina di dekat Novoyelizavetovka. Juga, dua helikopter Mi-8 Ukraina ditembak jatuh di dekat Druzhkovka dan Yablonovka,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Letnan Jenderal Igor Konashenkov.

Padahal jika menilik etalase alutsista Rusia, jet tempur Su-35S ini "hanya" jet tempur terbaik kedua milik negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut.

Su-35S sendiri merupakan pesawat tempur tercanggih kedua Rusia setelah Generasi 5 Su-57 dan di antara pesawat tempur multiperan Generasi 4++ tercanggih di dunia.

Laporan menyebut jika meningkatnya keganasan Su-35S ini tak lepas dari pembaharuan yang dilakukan oleh Rusia belakangan ini.

Sembari membenahi Su-57, perusahaan juga melakukan beberapa pembaharuan untuk Su-35S.

Beberapa ahli penerbangan militer percaya bahwa Su-35 mungkin memiliki peluang untuk memcundangi dan menembak jatuh F-22 Raptor Amerika atau F-35 dalam jarak dekat.

Pantas saja jika Su-35S menjadi salah satu momok menakutkan di udara Ukraina akhir tahun kemarin, sebelum lepas landas, pesawat membawa rudal udara klasik untuk misi dominasi udara.

Ini termasuk empat rudal udara-ke-udara di luar jangkauan visual (BVR) R-77-1 ( AAM) (dua di tiang di bawah badan pesawat dan dua di tiang di bawah intake), dan dua AAM R-73 jarak pendek pada tiang di bawah sayap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper