Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Video Pelarangan Ibadah Natal di Cilebut, Ini Penjelasan Kapolres Bogor

Video yang bernarasi soal pelarangan pelaksanaan Ibadah natal di wilayah Cilebut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat viral.
Kata-kata ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru./Freepik
Kata-kata ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah video yang bernarasi soal pelarangan pelaksanaan Ibadah Natal di wilayah Cilebut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat viral.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin menyebut persoalan tersebut sudah selesai. Dia membeberkan kronologi peristiwa yang terekam dalam video viral tersebut.

Awalnya, papar Iman, salah seorang warga berinisial A hendak melaksanakan ibadah natal di rumahnya.

Iman mengatakan A sudah sepakat dengan warga untuk melaksanakan ibadah natal hanya dengan keluarga. Namun, ternyata A mengundang orang lain dari luar wilayah. Warga sekitar pun mempertanyakan hal tersebut.

"Mengundang dari luar kota, terus yang dari luar kota itu bilangnya ke masyarakat Gereja Batugede. Masyarakat itu 'loh kok Gereja Batugede, kalau gereja kan harus ada izinnya' nah masyarakat mempertanyakan itu," kata Iman saat dihubungi Bisnis, Senin (26/12/2022).

Iman menjelaskan masyarakat sebenarnya mempersilakan A untuk melakukan ibadah natal di rumahnya. Namun, kata dia jangan membawa masyarakat dari luar kota.

"Karena ini bukan gereja, kalau mau gereja, bahkan masyarakat sudah menyiapkan fasilitas kendaraan. Kan mereka gerejanya HKBP Paledang, masyarakat sudah menyiapkan fasilitas kendaraan ke gereja tersebut," kata Iman.

Iman memastikan A dan keluarganya tetap menjalankan ibadah natal sampai selesai. Pihak kepolisian juga ikut menjaga pelaksanaan ibadah di sana.

"Peribadatan tetap berlangsung, sama yang sudah kadung datang juga berlangsung," katanya.

Menurut Iman kejadian yang terekam dalam video viral itu terjadi sebelum peribadatan akhirnya berlangsung. Dia juga memastikan bahwa kondisi di sana sudah kondusif seperti biasa.

"Sudah aman, kemarin juga begitu selesai bubar peribadatan, langsung kondusif," kata Iman.

Sebelumnya beredar video yang dinarasikan ada sekelompok orang yang melarang warga melakukan ibadah Natal. "Kerugian kalian apa melarang kami ibadah, apa kerugian kalian," sepeti dikutip dari suara di video viral tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper