Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Longsor di Dusun Karanglo Karanganyar, Satu Warga Meninggal

Satu warga meninggal dunia akibat tertimbun longsor di Dusun Karanglo, Desa Sidomukti, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
Ilustrasi tanah longsor./Antara
Ilustrasi tanah longsor./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satu warga meninggal dunia akibat tertimbun longsor di Dusun Karanglo, Desa Sidomukti, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar melaporkan peristiwa ini terjadi pada Jumat (23/12/2022) pukul 18.00 WIB menyusul hujan lebat yang juga menyebabkan terjadinya banjir di beberapa titik di daerah tersebut.

"BPBD setempat melaporkan hujan deras mengguyur kawasan itu sejak pukul 15.00 WIB. Tanah longsor juga menimpa beberapa titik di Kecamatan Jenawi, yaitu teridentifikasi di Dusun Nglebak, Desa Lempong," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Sabtu (24/12/2022).

BPBD Karanganyar telah mengevakuasi korban meninggal tersebut. Selain itu, tanah longsor merusak tempat tinggal dan talud di sekitar bangunan rumah warga.

Sementara itu, banjir melanda beberapa kawasan di Desa Jati, Kecamatan Jaten. Debit air akibat hujan lebat merusak tanggul sungai dan menyebabkan sejumlah rumah warga tergenang banjir.

BPBD mencatat 53 KK yang rumahnya terendam banjir dengan ketinggian muka air antara 70 – 100 cm.

Sebanyak 14 kecamatan berada dalal potensi bahaya dengan kategori tersebut. Di sisi lain, 13 kecamatan memiliki potensi bahaya tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi, salah satu di antaranya Kecamatan Jenawi.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper