Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belarusia Kerahkan Sistem Rudal S-400 dan Iskander Milik Rusia

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengerahkan sistem rudal S-400 dan Iskander Rusia.
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko./Istimewa
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada Senin (19/12/2022) telah mengerahkan sistem rudal S-400 dan Iskander Rusia.

 Lukashenko mengatakan, bahwa sistem rudal S-400 dan Iskander telah dijanjikan sejak 6 bulan lalu.

"Hari ini, kami telah mengerahkan sistem S-400 dan, yang terpenting, sistem Iskander yang telah Anda serahkan kepada kami, seperti yang Anda janjikan enam bulan lalu," katanya, usai bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Lukashenko bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan mengadakan perbincangan pada Senin (19/12/2022) di Ibu Kota Belarusia, Minsk.

Lukashenko berterima kasih kepada Putin karena telah saling pengertian, dan atas dukungan dalam semua masalah, serta dalam membuat keputusan yang diperlukan.

Lukashenko juga mencatat bahwa Belarus sedang melatih awak pesawat yang dapat membawa muatan nuklir dengan bantuan Rusia.

“Anda telah menyinggung masalah pelatihan awak kami yang dapat membawa senjata khusus dan amunisi khusus,” kata Lukashenko, seperti dilansir dari TASS, Selasa (20/12/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan telah menyiapkan pesawat yang dimiliki sejak zaman Soviet.

"Saya harus mengatakan bahwa kami telah menyiapkan pesawat. Ternyata, kami memiliki pesawat seperti itu sejak zaman Soviet, kami telah mengujinya di Federasi Rusia. Bersama dengan Rusia, kami melatih kru yang dapat menerbangkan pesawat yang membawa ini muatan tertentu," lanjutnya.

Menurut Lukashenko, hal tersebut bukan ancaman bagi siapa pun. Sebelumnya, dia mengatakan bahwa Minsk memiliki kekhawatiran besar atas ketegangan di sekeliling negara, terutama di Barat.

"Kita harus mengamankan negara Belarusia. Anda telah membuat keputusan dan langkah penting dalam mendukung Belarusia," kata Lukashenko kepada Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper