Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turuti Vaksinasi Gratis, Erick Thohir Dinilai Menteri yang Terbuka Terhadap Kritik

Salah satu buktinya adalah soal vaksinasi yang mana pemerintah mendengar aspirasi rakyat agar seluruh program vaksinasi gratis.
Tangkapan layar - Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Muktamar Muhammadiyah di Solo, Kamis (17/11/2022. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Tangkapan layar - Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Muktamar Muhammadiyah di Solo, Kamis (17/11/2022. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat Komunikasi Universitas Indonesia, Fatimah Ibtisam menilai terpilihnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan presentase kepuasan tertinggi kedua atau kinerja terbaik menurut Poltracking Indonesia lantaran sosoknya terbuka terhadap kritikan masyarakat.

Menurutnya kinerja Erick Thohir mendapat respon positif masyarakat karena keterbukaannya akan kritikan. Salah satu buktinya adalah soal vaksinasi yang mana pemerintah mendengar aspirasi rakyat agar seluruh program vaksinasi digratiskan untuk masyarakat.

“Erick bersama jajaran pemerintah bersikap terbuka, transparan membuka data dan rencana program vaksin, serta mau menerima masukan. Salah satunya mengenai rencana vaksin berbayar yang akhirnya diubah menjadi sepenuhnya gratis,” ujarnya seperti dikutip, Senin (12/12/2022).

Pengamat asal Universitas Indonesia ini menilai program vaksinasi massal adalah kinerja monumental. Erick yang menjadi ketua pemulihan ekonomi dan kesehatan, terbukti mampu menunaikan tugas secara tepat sasaran.

“Sekitar 230 juta penduduk Indonesia merupakan target program vaksinasi Covid-19 yang berjalan sejak 2021. Saat itu, program vaksinasi masih ini tampak sangat sulit bahkan mustahil, apalagi dengan kondisi geografis Indonesia. Banyak komentar pesimistis mengenai program vaksinasi ini. Namun hal ini tak menggoyahkan Erick Thohir beserta segenap satgas Covid-19,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurutnya, Erick juga menyiapkan penunjang vaksin, yaitu sistem berbasis teknologi yang menyatukan data masyarakat, kesehatan, serta vaksinasi, yang terintegerasi.

“Erick Thohir juga mendorong riset dan penelitian vaksinasi Covid-19, terutama yang dilakukan BUMN yang bergerak di bidang kesehatan,” ujar Fatimah.

Seperti diketahui, Lembaga survei Poltracking Indonesia mengeluarkan hasil survei terbarunya. Survei yang dilakukan di periode 18 hingga 24 November 2022 ini mengukur kinerja Pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Dari hasil survei tersebut, responden masih puas terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (73.2%).

Jika dibandingkan dengan bulan Oktober 2021, tingkat kepuasan responden terhadap Pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin terus mengalami peningkatan. Dari survei Poltracking Indonesia mengungkap kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju ke 2. Dari sejumlah menteri yang ada, Erick Thohir menempati urutan terbaik kedua (59.4%) untuk kepuasan publik.

Peringkat Menteri Erick ini mengungguli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (57.7%), dan Panglima TNI Andika Perkasa (56.9%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper