Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemkab Lumajang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Erupsi Semeru 14 Hari

Pemkab Lumajang menetapkan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari pascaGunung Semeru memuntahkan awan panas guguran.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  16:42 WIB
Pemkab Lumajang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Erupsi Semeru 14 Hari
Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12). - Dok.PVMBG
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menetapkan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari pasca-Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran (APG) pada Minggu (4/12/2022). 
 
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, bahwa keputusan tersebut menjadi salah satu mitigasi bencana yang dapat dilakukan oleh pemerintah setempat usai Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru ke level IV atau awas. 
 
"Sejalan dengan status gunung semeru yang awas, saya memerintahkan seluruh OPD sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk mengkonsolidasi para pengungsi yang tersebar di beberapa tempat," ujar Thoriqul dalam keterangan resmi dikutip Senin (5/12/2022). 
 
Thoriq juga memastikan, bahwa luncuran APG Gunung Semeru yang masih terjadi hingga Senin (5/12/2022) itu belum menyebabkan jatuhnya korban jiwa maupun berita kehilangan yang dilaporkan oleh masyarakat setempat. 
 
Sebelumnya, PVMBG resmi menaikkan status Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) usai ditemukannya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang ditandai dengan munculnya luncuran APG. 
 
Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang menerangkan, luncuran awan panas tersebut bahkan telah mencapai jarak 19 km pada erupsi yang terjadi Minggu (4/12/2022) sore. Awan panas tersebut juga telah melewati Jembatan Gladak Perak yang merupakan akses utama menuju Malang-Lumajang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gunung Semeru lumajang tanggap darurat bencana gunung api
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top