Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Protes Lockdown Meluas! Warga China Minta Xi Jinping Mundur

Aksi demo terjadi di sejumlah kota-kota di China untuk memprotes aturan lockdown Covid-19. Warga meminta Presiden China Xi Jinping mundur.
Para petugas medis bersiap menyambut kedatangan warga negara asing yang hendak disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama di bilik-bilik semipermanen yang didirikan di areal Museum Chaoyang Park, Beijing, China, Selasa (23/3/2021)./Antararn
Para petugas medis bersiap menyambut kedatangan warga negara asing yang hendak disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama di bilik-bilik semipermanen yang didirikan di areal Museum Chaoyang Park, Beijing, China, Selasa (23/3/2021)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat di kota-kota di seluruh China saat ini memprotes kebijakan pembatasan atau lockdown setelah kasus Covid-19 melonjak. Protes ini pun merupakan protes terbesar yang dihadapi China sejak Presiden China Xi Jinping menjabat.

Dilansir dari The Guardian, Senin (28/11/2022) protes terjadi di beberapa kota-kota termasuk Shanghai, Beijing, Chengdu, Wuhan dan Guangzhou, menurut rekaman yang dibagikan di media sosial.

Protes yang dilakukan masyarakat berujung pada serangkaian kekerasan dan penangkapan demonstran pada Sabtu (26/11/2022) malam. Pada Senin (28/11/2022) dini hari di Beijing, dua kelompok pengunjuk rasa yang berjumlah setidaknya 1.000 orang berkumpul di sepanjang Jalan Lingkar ke-3 ibu kota China dekat Sungai Liangma, menolak untuk bubar.

Hal ini pun menunjukan tingkat keputusasaan masyarakat China atas peraturan lockdown Covid-19. Sementara itu, di Shanghai, masyarakat menyerukan pencopotan partai Komunis dan Xi Jinping.

Masyarakat yang melakukan aksi protes meneriakkan “Partai Komunis! Mengundurkan diri! Xi Jinping! Mengundurkan diri!"

Menariknya, masyarakat China biasanya menahan diri untuk tidak mengkritik partai dan pemimpinnya di depan umum karena takut akan pembalasan.

Adapun, pada Jumat (25/11/2022) lalu, protes juga terjadi di Urumqi , ibu kota regional di wilayah Xinjiang barat. Protes ini dikarenakan adanya rekaman kebakaran di sebuah bangunan tempat tinggal yang menewaskan sedikitnya 10 orang sehari sebelumnya menyebabkan tuduhan bahwa lockdown Covid-19 adalah faktor yang menyebabkan banyaknya jumlah korban tewas dalam insiden tersebut.

Pejabat Urumqi tiba-tiba mengadakan konferensi pers pada Sabtu untuk menyangkal lockdown Covid-19 telah menghambat pelarian dan penyelamatan.

Di Shanghai, kota terbesar di China dan pusat keuangan global, kerumunan orang kembali ke Jalan Urumqi Tengah. Polisi menutup jalan untuk lalu lintas non-lokal dan melakukan penangkapan, menurut video online. Sebuah foto yang dengan cepat menjadi viral pada Minggu malam yang menunjukkan polisi mencopot rambu jalan Middle Urumqi Road.

Pada Minggu malam, seorang jurnalis BBC terlihat di depan kamera "dipukuli dan ditendang oleh polisi" sebelum ditangkap di kota tersebut. Rekaman di media sosial menunjukkan Edward Lawrence diseret ke tanah dengan borgol, sedangkan dia terlihat berkata di video lain "Hubungi konsulat sekarang."

Seorang juru bicara BBC mengatakan “BBC sangat prihatin dengan perlakuan terhadap jurnalis kami Ed Lawrence, yang ditangkap dan diborgol saat meliput protes di Shanghai.

"Dia ditahan selama beberapa jam sebelum dibebaskan," kata juru bicara itu. Dia mengatakan bahwa Lawrence telah meliput protes sebagai jurnalis terakreditasi.

Lawrence, seorang jurnalis senior dan operator kamera untuk biro BBC China, men-tweet dari tempat protes di Shanghai pada Minggu pagi waktu Inggris.

Dia menulis “Saya berada di lokasi protes anti zero Covid-19 yang luar biasa tadi malam di Shanghai. Banyak orang berkumpul disini dengan tenang menonton. Banyak polisi."

Pada hari Sabtu, orang-orang di Shanghai meneriakkan "Tidak ada tes PCR, kami menginginkan kebebasan!" diikuti dengan seruan berulang-ulang untuk “Kebebasan! Kebebasan!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper