Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mundur Lagi! Jokowi Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR Pekan Depan

DPR akan menerima surat presiden (surpres) tentang calon panglima TNI penerus Andika Perkasa pada Senin (28/11/2022) pekan depan.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 24 November 2022  |  12:53 WIB
Mundur Lagi! Jokowi Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR Pekan Depan
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan mengenai kesiapan pengamanan di KTT G20, Bali. - Youtube Inews
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menyebutkan pihaknya baru akan menerima surat presiden (surpres) tentang calon panglima TNI penerus Andika Perkasa pada Senin (28/11/2022) pekan depan.

Indra menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak Sekretariat Negara terkait surpres tersebut. Rencananya, pemerintah baru menyerahkannya ke DPR pada awal pekan depan.

“Dari Sekretariat Jenderal DPR sudah berkomunikasi dengan Sekretariat Negara bahwa surat tersebut akan disampaikan oleh Mensegneg kepada ketua DPR, direncanakan, dijadwalkan pada hari Senin, 28 November,” ujar Indra lewat keterangan video yang diterima Bisnis, Kamis (24/11/2022).

Jika sudah diterima DPR, dia menjelaskan surpres itu akan ditindaklanjuti oleh Komisi I DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada nama panglima TNI baru yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nanti secara teknis akan diatur lanjutan dari usulan dari surpres tersebut untuk ditindaklanjuti oleh alat kelengkapan dewan terkait [Komisi I] berdasarkan penugasan nanti setelah rapat pimpinan dan bamus DPR,” jelas Indra.

Sebelumnya, jadwal penerima surpres panglima TNI baru masih simpang-siur. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan kemungkinan besar pihaknya akan menerima surpres pada Rabu (23/11/2022) sore.

“Sudah berkomunikasi dengan pemerintah. Kemungkinan sore ini masuk. Kita tunggu saja," ujar Meutya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022).

Meski begitu, surpres tak kunjung datang. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan tak tahu alasan surpres tersebut tak jadi datang. Meski begitu, dia sempat memperkirakan Ketua DPR Puan Maharani akan menerima langsung surpres tersebut pada Kamis (24/11/2022).

“Sampai dengan sore ini surpres belum [diterima], tapi info kami dapat supres akan dikirim kemungkinan besok ke ketua DPR,” ujar Dasco kepada awak media di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/11/2022) sore.

Namun, kini Indra memastikan rencananya surpres akan diterima pada Senin (28/11/2022) pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Andika Perkasa dpr panglima tni
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top