Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ma'ruf Amin Minta Pesantren yang Terkena Gempa Bumi Cianjur Diperhatikan

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meminta agar pesantren yang hancur akibat gempa Cianjur diperhatikan dan segera diperbaiki
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 November 2022  |  11:11 WIB
Ma'ruf Amin Minta Pesantren yang Terkena Gempa Bumi Cianjur Diperhatikan
Kondisi bangunan yang runtuh akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). - Dok.BNPB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menegaskan bahwa peristiwa gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dan sekitarnya menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, Pemerintah diinstruksikannya agar terus bersinergi dalam menangani bencana tersebut melalui distribusi bantuan serta pemantauan lokasi secara berkala, serta perlu adanya penanganan secara optimal dengan mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik dari sisi infrastruktur, kesehatan, maupun logistik.

"Semua masalah yang dihadapi masyarakat, penampungan, kemudian juga konsumsi, kebutuhan untuk air, listrik, supaya disiapkan dengan baik," ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Ma'ruf memaparkan bahwa pemerintah telah mengklasifikasikan dana bantuan kepada para masyarakat terdampak gempa bumi berdasarkan tingkat kerusakan yang menerpa.

Kemudian pemerintah akan terus memantau berbagai perkembangan yang terjadi.

"Untuk masyarakat sendiri, kan pemerintah sudah mengambil kebijakan kalau rumahnya rusak berat itu diberi Rp50 juta, dan pesantren pun tentu akan juga mendapatkan perhatian dari pemerintah," paparnya.

Lebih lanjut, dia meminta agar para pihak yang menangani peristiwa bencana gempa bumi dapat bekerja sama dalam menginventarisir kerugian yang ditimbulkan, khususnya bagi pesantren, sehingga dapat segera ditemukan penyelesaiannya.

"Karena itu, saya minta nanti diinventarisasi berapa pesantren dan seberapa berat kerusakannya," ujarnya.

Sementara itu, mengenai bantuan penyaluran dana kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi, Wapres berharap agar lembaga bantuan penyaluran dana dapat turut memberikan kontribusinya dalam membantu masyarakat.

"BAZNAS memang itu selain memberikan santunan kepada masyarakat juga bencana, itu bagian daripada program," pungkas Ma'ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres ma'ruf amin Gempa Cianjur pesantren
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top