Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Unik! Ini Panggilan Spesial Jokowi ke Biden, Jinping hingga Putin

Presiden Jokowi ingin lebih dekat dengan Biden, Jinping hingga Putin, sehingga memiliki panggilan spesial buat mereka.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 November 2022  |  11:55 WIB
Unik! Ini Panggilan Spesial Jokowi ke Biden, Jinping hingga Putin
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11 - 2022). Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku memiliki panggilan akrab dengan para pemimpin dunia. Mulai dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat bertemu dengan pimpinan redaksi media usai hajatan KTT G20, Bali, Kamis (17/11/2022).

Kepala Negara meyakini dengan memiliki panggilan akrab. Akan lebih menghangatkan dan mencairkan hubungan antara setiap Kepala Negara.

“Ya saya dekatlah. saya manggil mereka dengan panggilan khusus [untuk setiap Pemimpin G20],” ujarnya kepada wartawan, Selasa (15/11/2022).

Lebih lanjut, dia memerinci sejumlah panggilan akrab kepada beberapa Kepala Negara. Mulai dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kalau Biden [saya panggil] my senior, [untuk] Jinping [saya panggil] kakak besar. [Kalau Rusia] my brother,” pungkas Jokowi.

Jinping si Kakak Besar

Dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan China yang digelar di Bali, Rabu (16/11/2022), Jokowi memanggil Xi Jinping dengan sebutan kakak besar  "Sekali lagi saya ingin menyampaikan selamat datang di Bali Presiden Xi Jinping dan senang sekali dapat menyambut kakak besar di Bali setelah pertemuan kita di Beijing," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok.

Presiden Jokowi dan Xi Jinping nampak duduk bersebelahan saat menyaksikan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara virtual. Kedua Kepala Negara kemudian menyaksikan video uji coba Kereta Cepat yang dikemudikan oleh Masinis bernama Mu Zhen dan Supriadi dari Stasiun Tegalluar, Jawa Barat.

Panggilan Saudaraku ke Putin

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku senang dipanggil ‘saudaraku’ oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Putin saat menghadiri acara Valdai Discussion Club di Moskow. Putin menjawab pertanyaan Connie Rahakundini Bakrie, pengamat militer dan pertahanan dari Indonesia yang hadir pada acara itu.

Connie diberikan kesempatan untuk bertanya pada acara tersebut. Dia kemudian memuji pidato Putin yang mirip dengan moto G20 yang akan di gelar di Bali bulan depan. Dia pun meminta Putin datang ke Indonesia.

 “Saya suka dengan pidato Anda. Saya pikir pidato ini memberikan kita semangat bagaimana kita bisa membangun bersama, membangun lebih kuat. Kedengarannya seperti moto untuk G20. Kami berharap Anda akan datang ke Indonesia bulan depan,” ujarnya pada acara Valdai Discussion Club yang digelar 24-27 Oktober 2022.

Kemudian Putin merespons pertanyaan Connie dengan memaparkan hubungan Rusia dengan Indonesia sangat baik. Hubungan baik itu, lanjutnya, tidak hanya saat ini, melainkan sudah terbina sejak lama.

“Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Indonesia hampir sepanjang sejarah. Bukan hanya hari-hari ini saja. Presiden Widodo, ketika dia menelpon saya, belia memanggil dengan ‘saudara’, saya mengatakan hal yang sama dengannya. Kami menghargai hubungan yang telah kami bangun dengan Indonesia,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi xi jinping vladimir putin Joe Biden g20
Editor : Hendri T. Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top