Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Kanada Trudeau Bertemu Presiden Xi Jinping di KTT G20, Ini yang Dibahas

PM Kanada Justin Trudeau mengangkat kekhawatirannya akan dugaan campur tangan China dalam demokrasi Kanada, dalam pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping.
PM Kanada Trudeau Bertemu Presiden Xi Jinping di KTT G20, Ini yang Dibahas. PM Kanada Justin Trudeau/self.com
PM Kanada Trudeau Bertemu Presiden Xi Jinping di KTT G20, Ini yang Dibahas. PM Kanada Justin Trudeau/self.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkapkan kekhawatirannya kepada Xi Jinping atas dugaan campur tangan China dalam demokrasi Kanada, di sela acara KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Berdasarkan laporan media Kanada pada (7/11/2022) dari pejabat inteligen, bahwa China dicurigai telah ikut campur dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Selain itu, seorang karyawan di produsen listrik terbesar Kanada ditangkap dan didakwa oleh polisi pada Senin (14/11/2022) atas tuduhan mencoba mencuri rahasia dagang China.

Atas ungkapan kekhawatiran Trudeau tersebut, Kedutaan Besar (Kedubes) China di Ottawa tidak segera menanggapi untuk memberikan konfirmasi.

Mantan penasihat kebijakan luar negeri Trudeau dan profesor urusan internasional di Universitas Ottawa, Roland Paris menyatakan Badan Inteligen Kanada harus mengambil langkah tambahan untuk demokrasi Kanada.

"Badan intelijen Kanada, yang biasanya diam di depan umum, telah menunjukkan keprihatinan mereka, ini adalah masalah yang mengharuskan pemerintah Kanada mengambil langkah tambahan untuk mengamankan demokrasi Kanada," kata Roland Paris.

Trudeau dan Xi juga membahas terkait invasi Rusia ke Ukraina, Korea Utara, dan pentingnya KTT Desember di Montreal untuk melindungi alam dan melawan perubahan iklim.

Adapun Trudeau dan Xi saling berhadapan di ruangan, di mana mereka berbicara di sela-sela KTT G20 selama sekitar 10 menit, seperti dilansir dari CNA, Rabu (16/11/2022).

"Kita berbicara tentang hubungan yang telah membeku selama bertahun-tahun, jadi tidak mengherankan jika kontak tingkat pemimpin pertama bersifat informal," kata analis kebijakan Paris.

Ketegangan diplomatik antara Kanada dan China telah meningkat sejak penahanan eksekutif Huawei Technologies Meng Wanzhou pada 2018 dan penangkapan dua warga Kanada berikutnya oleh Beijing atas tuduhan mata-mata.

Sementara kebuntuan berakhir ketika ketiga orang itu dibebaskan pada tahun lalu, hubungan keduanya tetap buruk. 

Trudeau dan Xi terakhir bertemu pada Juni 2019 di sela-sela G20 lainnya di Osaka, Jepang. Sebelumnya, mereka telah bertemu tiga kali, sekali pada 2015 di sela-sela G20 di Turki, dan dua kali selama kunjungan resmi ke Beijing pada tahun 2016 dan 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper