Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Itaewon tapi Tak ke Kanjuruhan, PDIP Bantah Puan Lebih Cinta Korsel daripada Indonesia

Bambang Pacul membantah kalau Puan Maharani lebih cinta Korsel daripada Indonesia, hanya karena ketua DPR mengunjungi Itaewon tapi tak ke Kanjuruhan.
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

Bisnis.com, JAKARTA – Politisi senior PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul membantah anggapan jika Puan Maharani lebih cinta Korea Selatan (Korsel) daripada Indonesia hanya karena ketua DPR tersebut mengunjungi Itaewon tapi tak ke Kanjuruhan.

Pacul menjelaskan, saat Tragedi Kanjuruhan terjadi, Puan Maharani sudah menyampaikan pandangan secara resmi. Tak hanya itu, Komisi III DPR juga secara kelembagaan telah mewakili agar mendesak Tragedi Kanjuruhan segera dituntaskan.

“Kenapa [Puan] tidak ke Kanjuruhan? Kemarin sudah ngomong, Komisi III juga sudah ngomong. Bukan kemudian [Puan] lebih cinta Korsel daripada Indonesia, you are wrong, Anda salah,” ungkap Pacul kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/11/2022).

Dia menyarankan, agar melihat konteks terlebih dahulu sebelum berkomentar. Pacul mengatakan, Puan berkesempatan mengunjungi memorial korban Tragedi Itaewon karena koleganya di PDIP itu memang sedang berada di Korsel.

Puan berada di Korsel, lanjutnya, dalam rangka penganugerahan doktor honoris causa bidang politik dari Pukyong National University (PKNU), Busan. Oleh sebab itu, dia membantah Puan sengaja ke Korsel hanya untuk mengunjungi memorial korban Tragedi Itaewon.

“Anda itu harus melihat momentum. Ini kawan-kawan kalau enggak suka langsung komentar, tanpa melihat konteks,” jelasnya.

Sebelumnya, Puan Maharani dan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengunjungi lokasi Tragedi Itaewon di Seoul, Korea Selatan pada Kamis (10/11/2022).

Puan dan Mega memberikan penghormatan kepada para korban dengan memanjatkan doa dan meletakkan karangan bunga. Puan juga menyampaikan belasungkawanya. Dia juga sempat menyinggung Tragedi Kanjuruhan yang dinilainya mirip dengan Tragedi Itaewon.

“Saya ingin mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas tragedi yang terjadi Itaewon pada tanggal 29 Oktober 2022 lalu. Tragedi serupa juga terjadi di Indonesia, di stadion Kanjuruhan, awal bulan Oktober lalu,” ucap Puan dalam rilis tertulis, dikutip Jumat (11/11/2022).

Kemudian, banyak netizen di media sosial yang memberikan pandangan negatifnya ke Puan. Menurut mereka, Puan tak sensitif karena menyempatkan diri ke Itaewon tapi belum pernah ke Kanjuruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper