Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo

Presiden Jokowi dan dan Preside UEA MBZ meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo.
Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo / YouTube Setpres
Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo / YouTube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Senin (14/11/2022).

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Sheikh Mohammed bin Zayed datang pada pukul 07.18 WIB di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Jokowi yang mengenakan batik cokelat dan peci hitam tampak bersalaman dan saling mencium pipi kanan dan kiri dengan MBZ.

Wali Kota Solo yang juga anaknya, Gibran Rakabuming, juga tampak ikut menyambut kedatangan MBZ.

Sesampainya di Masjid tersebut, kedua pimpinan negara tersebut langsung melaksanakan salat sunnah dan setelahnya melakukan peresmian bersama.

Dalam kesempatan ini juga, Jokowi dan Mohammed bin Zayed melakukan penyiraman kepada pohon yang berada di halaman Masjid Raya Sheikh Zayed.

Terlihat juga dalam peresmian ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Eric Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Sola Gibran Rakabuming

Secara terpisah, dalam unggahan di akun resmi twitter pribadinya. Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa masjid ini dapat menampung sekitar 10.000 jemaah dan menjadi simbol persahabatan kedua negara yaitu Indonesia dan Uni Emirat Arab.

“Masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jamaah dan menjadi pusat pengajaran Islam yang rahmatan lil 'aalamin di Kota Solo. Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia,” cuitnya di twitter (@Gibran_tweet), Minggu (13/11/2022)

Sekadar informasi, dikutip dari situs resmi Pemkot Solo, Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo dibangun dua lantai dengan luas bangunan utama masjid sekitar 8.000 meter persegi.

Masjid tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, seperti ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, serta basement yang digunakan untuk tempat wudu putra dan putri.

Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki fasilitas perpustakaan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah sarana edukasi bagi masyarakat.

Selanjutnya ada area terbuka, area VIP dan ruang imam yang tidak terlalu luas, ruang pompa dan water tank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper