Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Zelensky: Invasi Rusia ke Ukraina Ancam Perubahan Iklim Global!

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyampaikan bahwa invasi Rusia mengancam upaya internasional untuk mengatasi pemanasan global.
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 09 November 2022  |  08:34 WIB
Zelensky: Invasi Rusia ke Ukraina Ancam Perubahan Iklim Global!
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memiliki zodiak Aquarius
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyampaikan dalam COP27 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (8/11/2022), bahwa invasi Rusia mengancam upaya internasional untuk mengatasi pemanasan global.

Adapun Zelensky dalam tautan video saat pembicaraan iklim COP27 di Mesir, merinci dampak serangan Rusia terhadap lingkungan di negaranya.

Ia menjelaskan, mulai dari negara yang memaksa meningkatkan penggunaan batu bara, hingga gangguan pasokan biji-bijian, yang memperburuk krisis pangan yang dipicu oleh kekeringan.

"Kita harus menghentikan mereka yang melakukan perang gila dan ilegal, menghancurkan kemampuan dunia untuk bekerja sama demi tujuan bersama," katanya, seperti dilansir dari CNA, Rabu (9/11/2022).

Lebih lanjut, menurut Zelensky para pemimpin dunia harus memberi tahu negara yang tidak menganggap serius perubahan iklim.

Menurutnya, negara tersebut harus disadarkan bahwa mereka telah membuat kesalahan besar terhadap iklim dunia.

"Mereka adalah orang-orang yang memulai perang agresi ketika planet ini tidak mampu mengeluarkan satu tembakan pun, karena itu membutuhkan tindakan bersama global," lanjutnya.

Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina juga akan memperkenalkan rencananya, untuk menilai dampak tindakan militer tersebut terhadap iklim dan lingkungan.

Diketahui, pertempuran dari invasi Rusia hingga saat ini telah menghancurkan setidaknya lima juta hektar wilayah, dan dua juta hektar diantaranya merupakan hutan di Ukraina.

Lebih lanjut, menurutnya akan datang ancaman bencana radiasi dari fasilitas Zaporizhzhia, sebuah pembangkit listrik tenaga atom terbesar di Eropa.

Para pemimpin Eropa mengutuk invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari lalu, sebagai gangguan dan ancaman percepatan perubahan iklim.

Kepala NATO, Jens Stoltenberg menegaskan bahwa kegiatan militer yang efektif harus digaungkan di masa depan.

Ia menyarankan bahwa tentara harus menyelaraskan kegiatan mereka dengan kebutuhan untuk mengatasi pemanasan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ukraina Volodymyr Zelensky Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top