Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kongres Partai Komunis China Berakhir, Xi Jinping Resmi 3 Periode

Setelah sepekan berlangsung, Kongres ke-20 Partai Komunis China berakhir hari ini. residen Xi Jinping bakal terpilih sebagai sekjen partai untuk kali ketiga.
Presiden China Xi Jinping/Bloomberg
Presiden China Xi Jinping/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Usai berlangsung selama sepekan, Kongres Partai Komunis China (PKC) ditutup pada hari ini, Sabtu (2/10/2022) dengan Presiden Xi Jinping bakal kembali terpilih sebagai sekretaris jenderal partai untuk kali ketiga.

Xi Jinping menyampaikan pidatonya dalam acara penutupan di Balai Besar Rakyat Beijing, yang mengakhiri pertemuan antara 2.300 delegasi partai. Hari ini, seluruh delegasi menyetujui perombakan kepemimpinan puncak partai yang kemungkinan telah ditentukan jauh hari sebelumnya.

"Berani berjuang, berani menang, menundukkan kepala dan bekerja keras. Bertekad untuk terus maju," kata Xi Jinping dalam sambutannya, seperti dilansir Channel News Asia, Sabtu (22/10/2022).

Komite Sentral baru yang terdiri dari sekitar 200 pejabat senior PKC dipilih tak lama setelah pukul 11:00 hari ini..

Tak lama setelah acara penutupan, kantor berita China Xinhua merilis nama-nama anggota Komite Sentral yang baru.

Perdana Menteri Li Keqiang (67), Wakil PM Liu He (70), Gubernur bank sentral Yi Gang (64), Menteri Keuangan Liu Kun (65), dan Regulator perbankan Guo Shuqing (66), tidak terdapat dalam daftar anggota penuh Komite Sentral tersebut.

Komite Sentral melakukan sidang tertutup pada sesi pleno perdana, Minggu (23/10). Dalam sidang ini, Komite Sentral juga akan menyetujui 25 anggota Politbiro serta tujuh Komite Tetap Politbiro. Para analis memperkirakan komite ini akan diisi oleh para sekutu Xi Jinping.

Delegasi PKC juga memutuskan untuk menyetujui laporan kerja Xi yang disampaikan pada pembukaan Kongres hari Minggu pekan lalu, serta menyepakati amandemen konstitusi Partai.

Xi diperkirakan akan diresmikan sebagai sekretaris jenderal pada hari Minggu, tak lama setelah pertemuan pertama Komite Sentral yang baru.

Dengan ini, Xi akan mengamankan masa jabatan ketiga sebagai Presiden China. Adapun pengukuhan sebagai Presiden akan diumumkan dalam legislatif tahunan pemerintah pada bulan Maret 2023 mendatang.

Xi sebelumnya mengandemen aturan mengenai batasan masa jabatan presiden selama dua periode pada 2018, sehingga, membuka jalan baginya untuk memimpintanpa batas waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper