Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Negara di Dunia Laporkan Kasus Gagal Ginjal Akibat Sirup Paracetamol Dietilen Glikol

Keracunan akibat dietilen glikol telah dilaporkan terjadi di beberapa negara seperti, Bangladesh, Argentina, Haiti, Nigeria, dan Afrika Selatan.
Obat sirup cair
Obat sirup cair

Mewabah di Sejumlah Negara

Mengutip laporan penelitian sirup paracetamol mengandung dietilen glikol yang dilansir American Medical Association tahun 1998, bahwa kasus keracunan akibat dietilen glikol telah dilaporkan terjadi di beberapa negara seperti, Bangladesh, Argentina, Haiti, Nigeria, dan Afrika Selatan, yang terjadi karena kesalahan farmasi dalam pembuatan paracetamol.

Lalu, dilaporkan juga di India setelah konsumsi glycerin yang terkontaminasi.

Berdasarkan penelitian pada tahun 1996, para ahli telah mengidentifikasi 109 kasus gagal ginjal akut pada anak-anak yang melanda Haiti pada tahun 1995-1996.

Anak-anak yang mengonsumsi sirup itu mengalami sindrom klinis gagal ginjal, hepatitis, pankreatitis, gangguan sistem saraf pusat, koma, hingga kematian. 

Berdasarkan analisis, terdapat 87 pasien dengan informasi tindak lanjut yang berada di Haiti untuk perawatan, 85 (98 persen) meninggal, 3 (27 persen) dari 11 pasien yang dilarikan ke Amerika Serikat (AS) untuk perawatan intensif.

Adapun kandungan dietilen glikol (DEG) ditemukan dalam obat sirup paracetamol dengan konsentrasi rata-rata 14,4 persen.

Diperkirakan dosis DEG yang terkandung sebesar 1,34 ml/kg (kisaran, 0,22-4,42 ml/kg). 

Sirup paracetamol diproduksi secara lokal. Glycerin menjadi bahan baku yang diimpor Haiti dan digunakan dalam formulasi paracetamol yang terkontaminasi dengan 24 persen dietilen glikol.

Meski tidak ada paparan obat yang dikaitkan dengan penyakit, tetapi analisis laboratorium mengungkap bahwa obat yang diproduksi oleh perusahaan farmasi terkontaminasi dietilen glikol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper