Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sewindu Jokowi, Wapres: Masa Kerja Normal Kami Baru 3 Bulan!

Pandemi Covid-19 membuat pemerintahan Jokowi-Maruf harus berfokus menjaga kestabilan negara.
Sewindu Jokowi, Wapres: Masa Kerja Normal Kami Baru 3 Bulan / Setwapres
Sewindu Jokowi, Wapres: Masa Kerja Normal Kami Baru 3 Bulan / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengaku baru 3 bulan merasakan bekerja secara normal saat umur pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap sewindu atau 8 tahun

“Pak Jokowi dan saya sudah berusaha mewujudkan apa yang menjadi program dan cita cita [Indonesia], terutama kami karena masanya Pak Jokowi dengan saya itu kan hanya 3 bulan ya, maksudnya masa normalnya,” ujarnya usai agenda Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Dia menjelaskan bahwa masa normal 3 bulan yang dimaksud adalah selama Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dihantam Pandemi Covid-19.

“[Sebelumnya] seluruhnya [masa Pemerintahan] itu [saat] Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, tugas kami [sebelumnya] bagaimana kami menjaga agar pandemi ini tidak menghancurkan negara kita,” katanya.

Ma’ruf melanjutkan bahwa akibat pandemi Covid-19 dan situasi geopolitik menyebabkan pertumbuhan ekonomi secara global ikut terganggu. Bahkan, disebutnya banyak Negara yang sudah mengantre untuk menjadi pasien International Monetary Fund (IMF).

“Seperti yang kita tahu bahwa sekarang banyak Negara menjadi 'pasien' IMF, kalau tidak salah ada 28 Negara [juga mengantre], tetapi Alhamdulillah, kita InshaAllah tidak masuk pasien IMF, itu salah satu prestasi besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wapres melanjutkan bahwa di tengah-tengah krisis dan ancaman resesi, Indonesia di kuartal II/2022 justru masih tumbuh 5,44 persen. Selain itu, inflasi juga masih bisa dikendalikan pada angka yang relatif rendah. 

Pada Agustus 2022, inflasi nasional berada pada angka 4,6 persen, sedangkan pada kuartal II/2022 berada pada 4,9 persen, dan naik sedikit ke angka 5,9 persen setelah pemerintah menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Ini salah satu upaya kita bersama,” pungkas Ma’ruf.

Untuk diketahui, Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berumur sewindu atau 8 tahun pada hari ini. Sementara itu, Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin tepat hari ini Kamis, 20 Oktober 2022 genap berusia 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper