Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskusi Tertutup 30 Menit, Ini yang Dibahas Jokowi dengan Presiden FIFA

Jokowi diskusi tertutup dengan Presiden FIFA Gianni Infantino selama 30 menit. Apa saja yang dibahas?
Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberi keterangan kepada media massa usai bertemu membahas persepakbolaan di Indonesia, Selasa (18/10/2022). JIBI/Bisnis-Akbar Evandiorn
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberi keterangan kepada media massa usai bertemu membahas persepakbolaan di Indonesia, Selasa (18/10/2022). JIBI/Bisnis-Akbar Evandiorn

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diskusi tertutup dengan Presiden FIFA Gianni Infantino selama 30 menit saat menerima kunjungan federasi tersebut di Istana Merdeka, Selasa (18/10/2022).

“Tadi kami telah berdiskusi, saya berdiskusi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino secara tertutup selama 30 menit. Kemudian, berdiskusi bersama dengan Menpora (Zainudin Amali), Pak Erick (Menteri BUMN) dan tim FIFA, selama 1,5 jam, jadi total 2 jam. Kami berdiskusi secara detail mengenai sepak bola Indonesia ke depan,” tuturnya di Istana Kepresidenan, Selasa (18/10/2022).

Jokowi menjelaskan, bahwa pembicaraan pertama berfokus pada manajemen stadion, utamanya berkaitan standar fasilitas dan standar kenyamanan bagi penonton dan pemain.

Kedua, pembahasan dilanjutkan dengan manajemen keamanan.

Ketiga, berkaitan dengan manajemen pertandingan utamanya pengaturan waktu.

Keempat, berkaitan dengan manajemen suporter, akan cek lagi seperti apa. Kami bersepakat tadi transformasi persepakbolaan indonesia akan dimulai bersama dengan FIFA. Dan mereka akan berkantor di Indonesia sampai semuanya berjalan dengan baik,” tuturnya.

Pemerintah akan segera menyiapkan kantor untuk tempat bernaung FIFA selama berada di Indonesia.

“Ini akan secepatnya kami siapkan,” kata Jokowi.

Presiden juga menegaskan bahwa tidak ada pembahasan mengenai rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan untuk disampaikan kepada FIFA.

Salah satu rekomendasi yang dimaksudkan adalah menyarankan untuk mundurnya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan  atau Iwan Bule dan pengurus PSSI terkait.

“Endak, endak, itu urusan internal kita. PSSI nanti juga urusannya FIFA. Tadi hanya [membahas] urusan FIFA dengan pemerintah. Jadi, tidak [ada bahasan] itu urusan internal kita, urusan pemerintah dengan FIFA saja, tidak sampai ke sana [rekomendasi TGIPF],” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper