Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertempuran Sengit! Pasukan Rusia Mati-matian Pertahankan Garis Depan

Pasukan Rusia mendapatkan serangan dari berbagai arah dari pihak Ukraina dan tentara asing.
Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022)./Antara-Reuters
Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022)./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia melaporkan pertarungan sengit antara pasukannya dengan tentara Ukraina yang didukung oleh tentara bayaran asing di Kislovka.

Laporan Kemhan Rusia melaporkan bahwa pasukan Ukraina dan tentara bayaran asing menyerang dari tiga arah secara bersamaan. Gabungan pasukan tersebut bahkan sempat mencapai pinggiran barat pemukiman.

Unit tentara Ukraina berhasil menembus pertahanan. Namun, lanjut laporan itu, dengan tindakan aktif pasukan dan artileri Rusia, tentara gabungan Ukraina diusir dari Kislovka.

“[Mereka] dibubarkan dan dilempat ke tempat semula. Posisi pasukan Rusia di garis depan berhasil dipulihkan,” ujar Juru Bicara Kemhan Rusia Igor Konashenkov, dikutip Kamis (13/10/2022).

Selain Kislova, pihak Rusia juga melaporkan upaya gagal tiga kompi pasukan Ukraina untuk menyerang ke arah pemukiman Tabaevka, Orlyanka dari wilayah Kharkov dan Kuzemovka di Luhansk. Semua serangan berhasil dihalau. ️

Adapun, total kerugian dari pihak Ukraina dan tentara bayaran berjumlah lebih dari 100 personel militer, 4 tank, 3 kendaraan tempur infanteri, dan 3 pengangkut personel lapis baja Kirpi Turki.

Di arah Krasnolimansky, upaya Ukraina untuk masuk dari Sungai Zherebets di daerah pemukiman Raigorodka, Karmazinovka, Rozovka, Makeevka, dan Novolyubovka dari Republik Rakyat Luhansk digagalkan. “3 kendaraan tempur infanteri, 2 kendaraan lapis baja dan sekitar 60 prajurit Ukraina hancur.”

Sementara itu, dari arah Zaporozhye, dekat pemukiman Novodarovka, unit-unit Rusia menangkal serangan Ukraina yang datang dengan kekuatan hingga satu peleton dengan dukungan kendaraan lapis baja. Tujuh prajurit Ukraina dan sebuah mobil lapis baja hancur.

Ancaman Putin

Di sisi lain, pasukan Moskow melakukan serangan rudal pembalasan di beberapa kota Ukraina menyusul ledakan bom yang menghancurkan jembatan yang menghubungkan Krimea dengan Rusia. Serangan dilakukan selasa kemarin.

“Saya tidak mungkin membiarkan [serangan Ukraina di Krimea] tidak terjawab. Jika upaya serangan teroris terus berlanjut, respons Rusia akan parah dan sesuai dengan tingkat ancaman," kata Putin pada hari Senin di awal pertemuan Dewan Keamanan yang disiarkan televisi seperti dikutip dari Aljazeera, Selasa (11/10/2022).

Pernyataan Putin tersebut diucapkan setelah ledakan besar pada hari Sabtu (8/10/2022) yang merusak jembatan utama di Krimea.

Infrastuktur tersebut merupakan proyek utama Putin dan jaringan transportasi penting antara Rusia dan semenanjung Moskow yang dicaplok pada 2014.

"Rusia akan serangan besar-besaran dengan senjata jarak jauh berpresisi tinggi pada energi, komando militer, dan fasilitas komunikasi di Ukraina" ucap Putin.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangkaian serangan telah tercapai sesuai target.

Layanan Darurat Ukraina mengatakan total 11 orang tewas dan 64 terluka dalam serangan pagi di seluruh Ukraina. Serangan rudal tersebut merupakan yang terbesar dan terluas sejak hari-hari awal perang pada Februari 2022.

Ibu kota Ukraina, Kyiv, dihantam oleh beberapa rudal Rusia pada Senin pagi (10/10/2022), yang pertama sejak akhir Juni 2022.

"Ledakan menghantam distrik Shevchenko, area luas di pusat kota yang mencakup kota tua bersejarah serta beberapa kantor pemerintah," kata Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper