Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Program Pre-University UI, Kuliah Non-Gelar untuk Siswa SMA

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FAI UI) membuka program Pre-University untuk siswa lulusan SMA/Sederajat.
Gedung Rektorat Universitas Indonesia./Antara-Feru Lantara
Gedung Rektorat Universitas Indonesia./Antara-Feru Lantara

Bisnis.com, SOLO - Universitas Indonesia (UI) menawarkan program Pre-University untuk lulusan SMA/sederajat.

Program ini digagas oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) yang masuk sebagai program non-gelar.

Nantinya, program ini dilakukan secara online untuk memberikan para siswa pengalaman kuliah.

Selain mendapatkan kesempatan belajar, peserta juga akan memperoleh ”tabungan” Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat ditransfer saat melanjutkan studi program sarjana di FIA jika mata kuliah yang diambil mendapatkan nilai minimal B.

"Kami selalu berkomitmen untuk menjadi fakultas yang terus memberikan pembelajaran inklusif bagi setiap individu yang ingin menimba ilmu di FIA,” kata Dekan FIA UI Chandra Wijaya dilansir dari laman resmi UI pada Minggu (9/10/2022).

Chandra melanjutkan, Program Pre-University FIA UI ini merupakan wujud dari aktualisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu tujuan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tersebut adalah untuk mendorong masyarakat umum agar dapat memperoleh pendidikan yang inklusif dan merata di seluruh universitas di Indonesia.

“Pre-U FIA ini merupakan sebuah program unggul, karena didukung oleh sumber daya manusia dosen yang mumpuni, fasilitas yang juga berkualitas, dan tentunya kurikulum pembelajaran yang benar-benar sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Chandra.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMA Yasporbi Robi Kurniawan mengungkapkan ketertarikan mereka pada program pre-university tersebut.

“90 persen dari siswa kami ingin masuk ke UI, termasuk FIA UI,” kata Robi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper