Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mengenal Program Pre-University UI, Kuliah Non-Gelar untuk Siswa SMA

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FAI UI) membuka program Pre-University untuk siswa lulusan SMA/Sederajat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  09:49 WIB
Mengenal Program Pre-University UI, Kuliah Non-Gelar untuk Siswa SMA
Gedung Rektorat Universitas Indonesia. - Antara/Feru Lantara
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Universitas Indonesia (UI) menawarkan program Pre-University untuk lulusan SMA/sederajat.

Program ini digagas oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) yang masuk sebagai program non-gelar.

Nantinya, program ini dilakukan secara online untuk memberikan para siswa pengalaman kuliah.

Selain mendapatkan kesempatan belajar, peserta juga akan memperoleh ”tabungan” Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat ditransfer saat melanjutkan studi program sarjana di FIA jika mata kuliah yang diambil mendapatkan nilai minimal B.

"Kami selalu berkomitmen untuk menjadi fakultas yang terus memberikan pembelajaran inklusif bagi setiap individu yang ingin menimba ilmu di FIA,” kata Dekan FIA UI Chandra Wijaya dilansir dari laman resmi UI pada Minggu (9/10/2022).

Chandra melanjutkan, Program Pre-University FIA UI ini merupakan wujud dari aktualisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu tujuan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tersebut adalah untuk mendorong masyarakat umum agar dapat memperoleh pendidikan yang inklusif dan merata di seluruh universitas di Indonesia.

“Pre-U FIA ini merupakan sebuah program unggul, karena didukung oleh sumber daya manusia dosen yang mumpuni, fasilitas yang juga berkualitas, dan tentunya kurikulum pembelajaran yang benar-benar sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Chandra.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMA Yasporbi Robi Kurniawan mengungkapkan ketertarikan mereka pada program pre-university tersebut.

“90 persen dari siswa kami ingin masuk ke UI, termasuk FIA UI,” kata Robi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia ui kuliah sma

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top