Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Daftar dan Karakteristik Negara Maju di Dunia

Negara maju merupakan negara yang berkualitas dan tingkat kesejahteraannya tinggi.  Simak penjelasan lengkapnya. 
Karakteristik negara maju yang perlu kamu tahu
Karakteristik negara maju yang perlu kamu tahu

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia masih masuk ke dalam negara berkembang di dunia. Meskipun demikian, Indonesia melakukan pengembangan dan pembangunan untuk menjadi negara maju. Negara di dunia ini dikelompokkan menjadi berbagai macam, yaitu negara miskin, negara berkembang, dan negara maju.

Adapun tolak ukur yang digunakan Bank Dunia untuk menentukan mana yang termasuk negara maju dan negara berkembang bisa dilihat berdasarkan standar atau indikator tertentu. Definisi negara maju sendiri merupakan bangsa yang memiliki peringkat tertinggi dalam hal standar di bidang teknologi, pengetahuan dan ekonomi yang ditopang semuanya dana inovasi dan sifatnya yang merata. Negara yang memiliki Human Development Index (HDI) dan PNB tinggi dianggap sebagai negara maju. 

Berikut ini beberapa karakteristik negara maju yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Pendapatan perkapita

Pendapatan perkapita merupakan faktor penting untuk mengukur negara maju. sebuah negara dikatakan sejahtera jika rakyatnya memiliki pendapatan perkapita tinggi, tidak ada perang, konflik, dan perpecahan. Pendapatan nasional perkapita (Gross National Product/GNP). GNP sebagai patokan untuk membagi secara keseluruhan pendapatan suatu negara. Jika hasil lebih dari US$ 10.000, maka negara itu dikelompokkan negara maju. 

2. Kecilnya angka pengangguran

Di negara maju, angka pengangguran tergolong kecil karena setiap penduduknya bisa mendapatkan pekerjaan. Salah satu negara maju seperti Amerika Serikat, memiliki total pekerja produktif sebanyak lebih dari 163 juta jiwa per januari 2022 (Statista). 

3. Menguasai IPTEK

Penduduk negara maju cenderung sudah sangat menguasai IPTEK. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari, mereka juga sudah menggunakan teknologi canggih dan alat-alat modern untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Terlebih pada saat ini, dimana teknologi begitu besar perannya dalam aktivitas dan keseharian kita. Maka negara yang unggul dalam sektor teknologi akan besar peluangnya untuk menuju negara maju. 

Beberapa negara maju yang unggul karena mengandalkan teknologinya adalah Finlandia. Negara kecil di utara benua Eropa ini menempati urutan pertama di dunia, di depan Amerika Serikat, sebagai negara dengan teknologi paling maju di dunia, menurut laporan terbaru yang disusun oleh program pembangunan PBB. 

4. Sistem Pendidikan dan Kesehatan yang baik

Hampir semua penduduk di negara maju sudah melek huruf atau bisa membaca dan menulis dengan lancer. Hal ini tidak lepas dari peran pemerintah yang memberikan pelayanan serta fasilitas yang memadai untuk menunjang dunia Pendidikan. 

Pemerintahan di negara maju juga memberikan jaminan berupa Pendidikan dasar kepada seluruh rakyatnya. Selain itu, para pendidik atau guru juga memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Tidak heran jika negara maju memiliki para pendidik yang profesional dan berkualitas. 

Contoh negara maju di dunia

1. Benua Eropa: Finlandia, Swedia, Inggris, Irlandia, Norwegia, Islandia, Swiss, Luxemburg, Belgia, Denmark, Jerman, Prancis, Belanda dan Italia.

2. Benua Asia: Jepang.

3. Benua Amerika: Amerika Serikat dan Kanada.

4. Benua Australia dan Oseania: Australia dan New Zealand.

Itulah beberapa nama dan karakteristik negara maju yang mungkin kamu belum tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper