Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Ngobrol dengan Rocky Gerung, Bahas Apa?

Luhut dan Rocky Gerung berdiskusi soal Indonesia dalam kanal YouTube terbaru Rocky yakni RGTV channel ID, termasuk soal kebebasan berpendapat hingga politik.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 September 2022  |  15:10 WIB
Luhut Ngobrol dengan Rocky Gerung, Bahas Apa?
Luhut Ngobrol dengan Rocky Gerung, Bahas Apa? - tngkapan layar YouTube RGTV channel ID
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis Indonesia dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah ada saat ini. Bahkan, pekerjaan rumah yang mungkin nanti muncul usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas jabatan pada 2024.

Dikutip melalui channel Youtube RGTV channel ID milik Rocky Gerung, Luhut menilai Indonesia bisa terus berkembang maju melalui perbedaan pendapat yang terus menghidupkan ruang diskusi.

"Saya menilai bahwa perbedaan pendapat itu memang seharusnya ada, karena di [lingkup] keluarga saja ada. Namun, yang saya ingin imbau kepada semua apabila menamakan diri sebagai oposisi atau tidak, tetapi ayo berbeda pendapat dengan konteks yang lebih santun," tuturnya, dikutip Senin (20/9/2022).

Luhut pun menepis apabila terdapat pernyataan yang mengatakan kebebasan di Indonesia kini dikekang. Pasalnya, setiap orang dapat melakukan kritik kepada pemerintah lebih leluasa.

"Semua bisa mengkritik, Rocky bisa mengkritik Presiden mengatakan Presiden dungu juga tidak masalah. Walaupun terus terang itu menyakitkan, tetapi ya sudah ke depan saya hanya imbau agar ayo membangun bangsa dengan semangat kebersamaan,” katanya.

Lebih lanjut, Luhut menilai bahwa perbedaan pendapat merupakan landasan untuk membangun keseimbangan prestasi dan kritik dengan tujuan membuka ruang diskusi dalam menemukan jalan terbaik dalam sebuah permasalahan bangsa. Menurutnya, mengabdi kepada Negara tidak harus menjadi Presiden atau pejabat.

"Sepanjang menjadi oposisi pun apabila dengan konteks untuk membangun dan mengingatkan pejabat-pejabat dan pengambil keputusan Negara untuk melihat sisi lain yang belum dilihat, itu yang perlu dibangun di Republik ini,” ujar Luhut.

Selain berdiskusi soal perbedaan pendapat dan pandangan, kedua tokoh ini juga membahas dinamika politik di Indonesia hingga kebebasan berpendapat. 

Sekadar informasi, pengamat politik Rocky Gerung merilis channel YouTube terbarunya yaitu RGTV channel ID dan mengundang Luhut sebagai narasumber pertamanya. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Jubir Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi.

"Iya memang Pak Luhut diwawancara Rocky Gerung untuk edisi perdana channel-nya Rocky Gerung," katanya saat dikonfirmasi Bisnis, Selasa (20/9/2022).

Dalam deskripsi channel tersebut, disebutkan Rocky akan mengajak netizen menjelajah politik dan dunia yang melampauinya melalui ragam isu mulai dari kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kuliner, hiburan, olahraga, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan rocky gerung
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top