Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Anies Baswedan: Azyumardi Azra Konsisten Jaga Demokrasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra sebagai sosok yang konsisten menjaga demokrasi.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 September 2022  |  14:14 WIB
Anies Baswedan: Azyumardi Azra Konsisten Jaga Demokrasi
Azyumardi Azra - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra sebagai sosok yang konsisten menjaga demokrasi. 

Anies juga menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas wafatnya Azyumardi Azra di Selangor Malaysia, Minggu (18/9/2022).

“Saya ingin sampaikan kepada semua, kita Bangsa Indonesia merasa kehilangan dengan wafatnya Prof Azyumardi, beliau adalah seorang yang amat konsisten dalam mengartikulasikan pikirannya,” ujarnya saat meresmikan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Dikatakan, Azyumardi Azra merupakan sosok yang banyak berjasa bagi bangsa dan umat, bahkan dunia internasional. Salah satu keunggulannya adalah menjaga demokrasi di Tanah Air.

“Beliau konsisten dalam menjaga keterbukaan, dalam menjaga demokrasi berkualitas, beliau tidak segan untuk melepas melontarkan pandangan. Walaupun belum tentu pandangan itu disukai oleh pemerintah, tetapi beliau selalu memilih sebagai penjaga demokrasi,” katanya.

Tidak hanya itu, Anies mengatakan bahwa kehilangan sosok pria yang di menjadi ujung tombak dunia pers tersebut akan memberikan duka bagi dunia literasi Indonesia.

“Saya yakin juga dunia pers kehilangan beliau sebagai penjaga tonggak integritas dalam media kita sebagai ketua Dewan Pers. Kami yakin beliau khusnul khotimah, ditinggikan derajatnya di samping Allah SWT dan semua ilmu yang telah disampaikan nantinya mengalir sebagai pahala, amal jariyah yang mengalir tanpa henti dari almarhum,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Jumat (16/9/2022), Azyumardi Azra sempat dibawa ke Rumah Sakit Serdang,Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Azyumardi dibawa ke rumah sakit setelah mengalami gangguan kesehatan. Dia dikabarkan mendapat perawatan di rumah sakit setempat hingga menghembuskan nafas terakhir Minggu (18/9/2022) siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Azyumardi Azra dewan pers
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top