Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Baswedan: Azyumardi Azra Konsisten Jaga Demokrasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra sebagai sosok yang konsisten menjaga demokrasi.
Azyumardi Azra/Antara
Azyumardi Azra/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra sebagai sosok yang konsisten menjaga demokrasi. 

Anies juga menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas wafatnya Azyumardi Azra di Selangor Malaysia, Minggu (18/9/2022).

“Saya ingin sampaikan kepada semua, kita Bangsa Indonesia merasa kehilangan dengan wafatnya Prof Azyumardi, beliau adalah seorang yang amat konsisten dalam mengartikulasikan pikirannya,” ujarnya saat meresmikan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Dikatakan, Azyumardi Azra merupakan sosok yang banyak berjasa bagi bangsa dan umat, bahkan dunia internasional. Salah satu keunggulannya adalah menjaga demokrasi di Tanah Air.

“Beliau konsisten dalam menjaga keterbukaan, dalam menjaga demokrasi berkualitas, beliau tidak segan untuk melepas melontarkan pandangan. Walaupun belum tentu pandangan itu disukai oleh pemerintah, tetapi beliau selalu memilih sebagai penjaga demokrasi,” katanya.

Tidak hanya itu, Anies mengatakan bahwa kehilangan sosok pria yang di menjadi ujung tombak dunia pers tersebut akan memberikan duka bagi dunia literasi Indonesia.

“Saya yakin juga dunia pers kehilangan beliau sebagai penjaga tonggak integritas dalam media kita sebagai ketua Dewan Pers. Kami yakin beliau khusnul khotimah, ditinggikan derajatnya di samping Allah SWT dan semua ilmu yang telah disampaikan nantinya mengalir sebagai pahala, amal jariyah yang mengalir tanpa henti dari almarhum,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Jumat (16/9/2022), Azyumardi Azra sempat dibawa ke Rumah Sakit Serdang,Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Azyumardi dibawa ke rumah sakit setelah mengalami gangguan kesehatan. Dia dikabarkan mendapat perawatan di rumah sakit setempat hingga menghembuskan nafas terakhir Minggu (18/9/2022) siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper