Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah, Negara Apa?

Di dunia ini, ternyata ada satu negara di asia tenggara yang tidak pernah dijajah yaitu negara Thailand. Kok bisa? Ini penjelasannya.
Negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah
Negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah kamu tahu negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah, negara apa? Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia tenggara yang tidak pernah dijajah. Thailand merupakan negara yang berbentuk monarki konstitusional. Monarki konstitusional adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan raja dibatasi oleh undang-undang.  

Penjajahan atau kolonialisme berasal dari Bahasa latin yaitu colonia yang artinya pemukiman. Dengan demikian kolonialisme merupakan sebuah cara yang dilakukan negara penguasa untuk memperluas wilayah kekuasaannya. 

Kolonialisme biasanya bertujuan untuk memaksa satu bentuk pemerintahan atas sebuah wilayah atau negara lain atas satu usaha untuk memperoleh wilayah baik secara paksa atau damai. Biasanya kolonialisme diawali dengan penaklukan yang dilakukan secara alami atau paksaan. Penaklukan tersebut bisa dilakukan langsung atau tidak langsung. 

Dalam sistem penjajahan, negara yang melakukan kolonialisme sering dianggap lebih superior dari negara yang dijajah. Maka tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba menambah wilayah jajahan. 

Berikut ini negara yang tidak pernah dijajah yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Thailand 

Thailand merupakan buffer state atau negara pemisah yang berarti negara yang berada di antara dua penjajah, yaitu imperialisme Inggris di Myanmar dan imperialisme Prancis di Vietnam, Kamboja dan Laos. Pertimbangan wilayah geografis itulah yang membuat Thailand tidak pernah dijajah oleh Eropa.

Selain itu, Thailand juga disebut sebagai Negeri Pagoda karena memiliki keindahan alam yang beragam. Ada banyak gunung di bagian sebelah utara. Titik tertingginya adalah Doi Inthanon Dengan ketinggian mencapai 2.567 meter. Sementara itu di bagian timur terdapat pegunungan Koral yang sebelah timurnya dibatasi dengan sungai Mekong. Pada bagian tengah, wilayah Thailand didominasi oleh Sungai Chao Phraya. 

Hubungan Indonesia dan Thailand sendiri sudah berlangsung sejak zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Melalui pertukaran peradaban, masyarakat dari kedua negara ini sudah tergabung dalam seni budaya, agama, arsitektur dan juga karya sastra. Sementara, kerja sama antara Indonesia dengan Thailand telah berlangsung sejak 7 Maret 1950, yaitu di bidang ekonomi, perdagangan, iptek hingga budaya. Hubungan ini juga diperluas lagi dengan adanya saling kunjung antara pemimpin kedua negara. 

Thailand sejak awal sudah membuka diri terhadap negara-negara luar sehingga tidak dijajah oleh bangsa lain. Dengan tanah yang bisa dibilang kurang subur, penjajah pun tidak tertarik dengan sumber daya alam mereka. Tidak hanya itu, Thailand dapat mengeksploitasi persaingan dan ketegangan antara indocina Perancis dan Kerajaan Inggris. 

Hingga 1939, Thailand dikenal dengan nama Siam. Kerajaan siam memiliki dasar yang cukup terbuka dengan budaya Barat. Saat negara lain menjadi korban penjajahan, Kerajaan Siam sibuk melakukan Tindakan modernisasi. Selain modernisasi, Kerajaan Siam menggunakan sistem pemerintahan Mandala yang membangun kekuatan tentara local di wilayah yang berada di luar jangkauannya. 

Itulah negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah, semoga bisa bermanfaat untuk anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper