Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sejarah Bentuk Negara Indonesia dan Sistem Pemerintahannya

Sebagai warga Indonesia, tentunya kamu harus memahami bentuk negara Indonesia seperti apa dan juga sistem pemerintahannya. Ini penjelasannya. 
Bentuk negara Indonesia
Bentuk negara Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap negara pada dasarnya memiliki bentuk negara yang berbeda-beda. Bentuk suatu negara dapat dibedakan menjadi dua, yaitu negara kesatuan dan negara serikat (federal). Negara Indonesia terdiri dari banyak kepulauan, suku, adat dan keyakinan.  

Dilansir dari Laman Resmi Republik Indonesia, negara kesatuan sebagai bentuk negara Indonesia adalah berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal. Bentuk negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang disandingkan dengan sistem pemerintahan, membuat kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat dan dipimpin oleh Presiden. Bentuk pemerintahannya demokrasi dengan landasan UUD 1945 dan Pancasila. 

Berikut ini adalah penjelasan tentang bentuk negara Indonesia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Bentuk Negara Indonesia 

Menurut Konstitusi, Negara Indonesia menganut bentuk negara kesatuan. Istilah lain dari negara kesatuan ini adalah Eenheidstaat. Pada sebuah negara kesatuan, kedaulatan negara tersebut bersifat tunggal dan di dalamnya tidak terdapat negara bagian. 

Negara kesatuan menempatkan Pemerintahan pusat sebagai otoritas tertinggi. Sementara wilayah-wilayah administratif di bawahnya hanya menjalankan kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat. 

Dalam negara kesatuan sebagai bentuk negara Indonesia yang menganut sistem desentralisasi, diartikan sistem dimana daerah-daerah diberikan kesempatan dan kekuasaan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri (otonomi daerah) yang dinamakan sebagai daerah otonom. 

Republik Indonesia dalam riwayatnya juga pernah menganut bentuk negara serupa Federasi yang dikenal dengan sebutan Republik Indonesia Serikat (RIS) atau yang dalam Bahasa Belanda disebut juga dengan Verenigde Staten Van Indonesia. 

Namun, bentuk negara Republik Indonesia Serikat tidak berlangsung lama. Hal ini karena bentuk Negara Federasi memang tidak cocok dengan kondisi Bangsa Indonesia dengan latar belakang yang sangat beragam. 

2. Sistem Pemerintahan Negara Indonesia 

Sistem pemerintahan negara Indonesia adalah Presidensial. Sistem ini membuat Presiden sebagai pemimpin negara dan rakyat pemegang kekuasaan tertinggi. Sistem pemerintahan Presidensial berlangsung sejak ada amandemen UUD 1945 yang ketiga dan keempat. 

Presiden dan Wakil Presiden secara langsung dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum. Masa jabatan Presiden adalah 5 tahun dalam 1 periode. Dalam menjalankan pemerintahannya, Presiden dibantu dengan para Menteri yang dipilih. 

Presiden memiliki hak untuk mengangkat dan memberhentikan para Menteri. Para Menteri atau biasa disebut sebagai kabinet bertanggung jawab terhadap presiden. Dalam menjalankan pemerintahannya, presiden diawasi oleh parlemen yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). 

3. Bentuk Pemerintahan Indonesia

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah demokrasi. Demokrasi menjadikan rakyat selalu dilibatkan dalam pembuatan hukum kenegaraan. Entah secara langsung, melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan atau pembuatan hukum. Demokrasi juga disebut dengan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan dan praktik prosedurnya. 

Itulah bentuk negara indonesia yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper