Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rasuna Said, Pahlawan Nasional Wanita yang jadi Google Doodle Hari Ini

HR Rasuna Said merupakan salah satu tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari belenggu tangan penjajah.
Pahlawan Nasional Rasuna Said
Pahlawan Nasional Rasuna Said

Bisnis.com, JAKARTA – Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau yang umumnya lebih dikenal dengan sebutan HR Rasuna Said jadi ikon Google Doodle hari ini, Rabu (14/9/2022). Namun, siapakah sosok HR r ini sebenarnya?

Hajjah Rangkayo Rasuna Said merupakan salah seorang pahlawan muslim wanita yang lahir di tanah Sumatera Barat pada 14 September 1910. Karena hal itulah Google kemudian menjadikannya sosok Google Doodle hari ini yang bertepatan dengan hari kelahirannya ke-112.

Sosok HR Rasuna Said secara resmi ditetapkan sebagai tokoh Pahlawan Nasional pada 13 Desember 1974 yang termaktub dalam Surat Keputusan Presiden RI No.084/TK/1974.

Lebih lanjut, HR Rasuna Said merupakan salah satu tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari belenggu tangan penjajah. HR Rasuna Said sudah sedari awal aktif  berpartisipasi dalam organisasi-organisasi pergerakan seperti organisasi Serikat Rakyat, PERMI, hingga pernah menjadi bagian dari Pemuda Nippon Raya.

Sebelum dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, HR Rasuna Said sempat menjabat sebagai sekretaris cabang dalam organisasi Serikat Rakyat. Dirinya merupakan sosok yang lantang dalam membela serta menyuarakan hak-hak rakyat dan perempuan. Dirinya juga sempat menjabat sebagai pengurus besar di Persatuan Muslimin Indonesia (PERMI).

HR Rasuna Said diketahui merupakan tokoh perempuan ke-sembilan yang berhasil menyandang gelar sebagai Pahlawan Nasional. Tak hanya perjuangannya dalam menyuarakan aspirasi rakyat saja yang dikenang, HR Rasuna Said juga merupakan sosok guru dan jurnalis yang disegani.

Dilansir dari Ensiklopedia Pahlawan Nasional yang dirilis oleh Kemendikbud, HR Rasuna Said sempat menjabat sebagai salah satu pimpinan majalah “Menara Puteri”. Kian hari berlalu, rasa nasionalismenya kian tumbuh, dirinya lantas sempat menjadi anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan bahkan sempat menjabat sebagai anggota DPR Sumatera. Terakhir, dirinya juga sempat diangkat menjadi DPA pada tahun 1959.

Semangat dan kecerdasan yang dimiliki oleh Rasuna Said ternyata sudah terlihat sedari akecil. Dirinya menempuh pendidikan Sekolah Dasar di Maninjau lalu melanjutkannya ke Diniyah School di Padang Panjang. Karena semangat dan kecerdasan yang dimilikinya, semasa sekolah HR Rasuna Said sudah dipercaya untuk mengajar kelas-kelas di bawahnya.

Dengan segala potensi yang dimilikinya tersebut, HR Rasuna Said tumbuh menjadi sosok wanita yang cerdas dan religius. Dirinya kemudian memperdalam ilmu agamanya di Pesantren Ar Rasyidiah dan turut tergabung dalam Persatuan Muslimin Indonesia (PERMI).

Pada tahun 1932, HR Rasuna Said dijegal hukum pidana kurungan penjaran lantaran sempat menentang dan secara lantang menyuarakan ketidak adilan yang terjadi di bawah kekuasaan Belanda. Namun, hal tersebut tak lantas meredakan semangat perjuangannya. Pasca bebas di usia 24 tahun, HR Rasuna Said kemudian banyak membuka sekolah untuk anak perempuan dan masih giat menjadi sosok aktivis wanita muslim.

HR Rasuna Said tutup usia di umurnya yang menginjak 55 tahun. Dirinya diketahui mengidap penyakit kanker darah dan meninggal dunia pada 2 November 1965. Kini, jasa serta perjuangannya masih terus diperbincangkan dan menjadi inspirasi banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper