Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diadukan Tujuh Parpol, Bawaslu Putuskan KPU Tak Terbukti Langgar Administrasi

Bawaslu memutuskan bahwa KPU tak melakukan pelanggaran administrasi dalam proses pendaftaran parpol di Pemilu 2024
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 13 September 2022  |  20:57 WIB
Diadukan Tujuh Parpol, Bawaslu Putuskan KPU Tak Terbukti Langgar Administrasi
Diadukan Tujuh Parpol, Bawaslu Putuskan KPU Tak Terbukti Langgar Administrasi. Ilustrasi Gedung KPU RI, Jakarta. ANTARA - Melalusa Susthira K.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan bahwa Komisi Pemilu Umum (KPU) tak melakukan pelanggaran administrasi dalam proses pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024.

Sebelumnya, tujuh parpol mengajukan laporan ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran administrasi oleh KPU. Meskipun begitu, dari hasil pemeriksaan Bawaslu, KPU terbukti telah bertindak sesuai tata cara dan prosedur perundangan-undangan yang berlaku.

Putusan tersebut dibacakan dalam sidang putusan yang digelar di Kantor Bawaslu, Jakarta, pada hari ini, Selasa (13/9/2022).

"Mengadili, menyatakan terlapor [KPU] tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi Pemilu," jelas Ketua Majelis Pemeriksa Puadi diikuti ketukan palu, seperti yang disiarkan kanal YouTube Bawaslu RI, Selasa (13/9/2022).

Tujuh parpol yang laporannya ditolak Bawaslu yaitu Partai Bhineka Indonesia (PBI), Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Pandu Bangsa, Partai Negeri Daulat Indonesia (PANDAI), Partai Masyumi, Partai Kedaulatan, dan Partai Reformasi.

Sebelumnya, pada Jumat (9/9/2022) lalu, Bawaslu juga telah memutuskan laporan serupa dari Partai Pelita dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) juga tak terbukti kebenarannya. Bawaslu juga menilai KPU telah bertindak sesuai tata cara dan prosedur yang sesuai aturan yang berlaku.

Mereka merupakan parpol yang pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu 2024 ditolak KPU karena dokumen pendaftarannya dinyatakan tak lengkap. Artinya, keputusan Bawaslu menolak laporan sembilan parpol tersebut menegaskan bahwa mereka tak bisa melanjutkan proses pendaftaran calon peserta Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu bawaslu parpol Pemilu 2024
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top