Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komisi II DPR Akan Panggil BSSN, Menkominfo, Polri, dan KPU Usut Serangan Hacker Bjorka

Komisi II DPR khawatir dengan serangan hacker Bjorka sehingga akan memanggil BSSN, Menkominfo, Polri, dan KPU untuk memastikan keamanan data pemilih Indonesia.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 13 September 2022  |  02:59 WIB
Komisi II DPR Akan Panggil BSSN, Menkominfo, Polri, dan KPU Usut Serangan Hacker Bjorka
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan pihaknya akan memanggil Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Polri, hingga tim siber Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan keamanan data pemilih Indonesia.

Menurut Doli, Komisi II DPR sangat khawatir dengan serangan hacker Bjorka yang belakangan ini meresahkan banyak kalangan. Apalagi, lanjutnya, Bjorka telah menjual data pemilih yang diklaimnya didapat dari KPU.

“Mungkin dalam waktu dekat, kami akan cari waktu mengundang pihak terkait, misalnya BSSN, Menkominfo, mungkin nanti kami koordinasi dengan Komisi I. Kemudian tim siber KPU, Polri, sehingga kejadian-kejadian seperti ini tidak terulang,” jelas Doli kepada awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan klaim Bjorka yang menjual data pemilih dari KPU memang belum sampai mengganggu tahapan Pemilu secara langsung. Meski begitu, dia khawatir serangan siber yang lebih fatal dapat terjadi sehingga harus diantisipasi dari sekarang.

Menurutnya, Komisi II telah lama mendorong KPU untuk melakukan proses digitalisasi tahapan Pemilu. Sayangnya, serangan Bjorka malah membuat masyarakat resah dengan proses digitalisasi tersebut.

“Inilah salah satu kejadian yang sebetulnya menghambat kita untuk mengalami proses modernisasi di dalam setiap tugas-tugas kenegaraan kita, termasuk Pemilu,” ungkap Doli.

Oleh sebab itu, ujar Doli, Komisi II selalu mengingatkan KPU untuk selalu memperbaharui sistemnya. Dalam rapat dengar pendapat dengan BSSN, Menkominfo, Polri, dan KPU nanti, Komisi II juga akan memastikan data pemilih dapat tetap aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hackers hacker dpr badan siber dan sandi nasional (BSSN)
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top