Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mangkuk Ayam Jago Lambang Ketekunan Jadi Google Doodle, Simak Sejarahnya

Mangkuk ayam jago bisa ditemui di warung bakso, mi ayam, dan soto. Bagaimana mangkuk asal China bisa tersebar ke seluruh dunia?
Mangkuk ayam jago menjadi doodle google hari ini
Mangkuk ayam jago menjadi doodle google hari ini

Bisnis.com, JAKARTA - Mangkuk ayam jago yang diyakini membawa keberuntungan menjadi menjadi Google Doodle pada hari ini, Senin (12/9/2022).

Saat Anda makan di warung bakso, mi ayam, dan soto maka mangkuk ayam jago menjadi wadah makanan saat makan di warung tersebut.

Bagaimana sejarah dan kisah Rooster Bowl atau mangkuk ayam jago dimulai?

Kisah mangkuk ayam jago dimulai pada Dinasti Ming saat masa pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487). Kala itu, kaisar memesan 4 mangkuk bergambar ayam jantan dan ayam betina dari pembuat tembikar khusus kekaisaran di Jingdezhen (provinsi Jiangxi).

Kaisar Chenghua memesan 4 mangkuk tembikar yang dibuat dengan teknik Dukai, terutama untuk dirinya dan istrinya, dan juga sebagai tanda cinta. Mangkuk ayam tersebut terdiri dari gambar ayam jantan, ayam betina, dan anak ayam, yang menandakan kemakmuran.

Dihormati oleh Kaisar Tiongkok

Piring dan mangkuk ayam jago memiliki makna simbolis. Kata ji, yang berarti "ayam", memiliki bunyi yang mirip dengan kata jia, yang berarti "rumah". Gambar peony melambangkan kekayaan. Pohon pisang dengan daun lebar berarti kebahagiaan keluarga.

Kaisar China sangat menyukai mangkuk ayam jago. Di antaranya adalah Kaisar Wanli (memerintah 1572-1620) dan Kaisar Kangxi (memerintah 1661-1722) dari Dinasti Qing.

Kaisar-kaisar tersebut juga sangat menyukai mangkuk ayam jago sehingga mereka mencoba memberi harga tinggi pada gambar ayam jago.

sejarah mangkuk ayam jago
sejarah mangkuk ayam jago

Sementara itu, Kaisar Qianlong (1735-1796) menulis puisi khusus pada tahun 1776 untuk menghormati mangkuk ayam jago. Selama Dinasti Qing, produksi massal mangkuk ayam dimulai.

Bagi masyarakat kelas menengah ke bawah di China, hanya mangkuk ayam jago yang boleh digunakan. Namun, barang dengan motif seperti naga dan burung phoenix lebih mahal.

Dalam perkembangan selanjutnya, para petani China meyakini bahwa mangkuk ayam jago adalah simbol ketekunan untuk mendapatkan kekayaan. Kemudian, mangkuk ayam jago tersebut dibawa oleh pengembara ke beberapa di Asia Tenggara, karena unik.

Mangkuk bermotif ayam jago semakin banyak dibuat. Dimulai dengan teknik menggambar tangan dan beralih ke mesin.

Masyarakat di China meyakini bahwa mangkuk ayam jago sebagai simbol keberuntungan, kerja keras, dan kemakmuran, rooster bowl bisa menjadi salah satu pilihan peralatan makan di rumah, bahkan sebagai tempat nostalgia saat makan ramen atau soto ayam di warung pinggir jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper