Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma'ruf Ungkap Peran Penting Komcad dalam Sistem Pertahanan Negara

Wapres menilai keberadaan Komcad dalam sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan hingga menghadapi ancaman.
Maruf Ungkap Peran Penting Komcad dalam Sistem Pertahanan Negara / Setwapres
Maruf Ungkap Peran Penting Komcad dalam Sistem Pertahanan Negara / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menilai penting peran Komponen Cadangan (Komcad) dalam sistem pertahanan negara.

Pasalnya, sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah, serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

Terlebih, sambungnya, di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis, pertahanan dan daya tangkal nasional mutlak untuk diperkuat. Oleh karenanya, meningkatkan sistem keamanan Indonesia bukan hanya tugas yang diemban oleh kalangan militer saja, tetapi seluruh elemen bangsa.

"Salah satu perwujudannya adalah penguatan Komponen Cadangan SDM yang berasal dari rakyat. Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa," ujarnya ketika menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2022, Kamis (8/9/2022).

Lebih lanjut Ma’ruf menyampaikan, selain menjadi kekuatan tambahan, Komponen Cadangan juga merupakan upaya dalam memperkuat rasa nasionalisme bagi masyarakat.

"Komponen Cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sekaligus champions [pemenang] di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada tanah air," imbuhnya.

Di sisi lain, dia mengatakan bahwa komponen cadangan juga merupakan mandat yang tertuang di dalam konstitusi negara, yaitu Undang-undang Dasar 1945.

"Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 27 ayat (3) UUD 1945, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara," paparnya.

Wapres pun berpesan, agar seluruh Komponen Cadangan yang telah menyelesaikan pelatihan dan telah ditetapkan hari ini, dapat terus mengemban amanat sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan menjadi inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper