Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Departemen Kehakiman AS Merilis Surat Penggeledahan Resor Milik Trump

Departemen Kehakiman AS telah merilis pernyataan tertulis yyang mendukung penggeledahan resor Donald Trump di Mar-a-Lago, Florida.
Eks Presiden AS Donald Trump./Antara-Reuters
Eks Presiden AS Donald Trump./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) telah merilis pernyataan tertulis yang sangat dinanti-nantikan yang mendukung penggeledahan resor Donald Trump di Mar-a-Lago, Florida bulan ini.

Pernyataan tertulis itu membenarkan bahwa Amerika Serikat sedang menyelidiki dugaan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh mantan presiden.

Dikutip dari Aljazeera, Sabtu (27/8/2022), dokumen yang  telah disunting itu dirilis pada hari Jumat (26/8/2022), memberikan lebih banyak wawasan tentang bukti yang membuat FBI melakukan pencarian yang belum pernah terjadi sebelumnya di perkebunan Trump di Mar-a-Lago pada 8 Agustus.

Rilis surat penggeledahan dilakukan setelah seorang hakim federal pada hari Kamis (25/8/2022) memerintahkan Departemen Kehakiman untuk merilis versi yang telah disunting yang telah diajukan ke pengadilan.

“Pemerintah sedang melakukan penyelidikan kriminal mengenai penghapusan dan penyimpanan informasi rahasia yang tidak semestinya di ruang yang tidak sah, serta penyembunyian atau penghapusan catatan pemerintah yang melanggar hukum,” bunyi pernyataan tertulis setebal 38 halaman, yang sebagian besar disamarkan.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa Administrasi Arsip dan Catatan Nasional AS (NARA) telah menerima 15 kotak dokumen dari kantor Trump pada Januari.

“Penyelidikan FBI telah menetapkan bahwa dokumen yang memuat tanda klasifikasi, yang tampaknya berisi Informasi Pertahanan Nasional (NDI), termasuk di antara bahan-bahan tersebut,” bunyinya.

Pernyataan tertulis menambahkan, bahwa Departemen Kehakiman percaya “dokumen tambahan yang berisi NDI rahasia atau yang merupakan catatan Presiden yang tunduk pada persyaratan penyimpanan catatan saat ini tetap ada” di rumah Trump.

"Ada juga kemungkinan alasan untuk percaya bahwa bukti penghalang akan ditemukan," katanya, menggambarkan materi itu sebagai "dimiliki secara ilegal".

Departemen Kehakiman telah menentang pelepasan affidavit tersebut, dengan alasan bahwa “sangat mungkin untuk mengompromikan langkah-langkah investigasi di masa depan” dan identitas para saksi.

Tetapi organisasi media telah meminta dokumen itu dipublikasikan, dengan alasan “kepentingan publik sepenuhnya”.

Hakim Magistrate AS Bruce Reinhart mengatakan pekan lalu bahwa dia yakin "ada bagian dari surat pernyataan yang bisa dibuka segelnya" dan memerintahkan Departemen Kehakiman untuk menyerahkan versi yang telah disunting untuk ditinjau.

Pencarian di Mar-a-Lago memicu badai kritik Partai Republik terhadap FBI dan Departemen Kehakiman, dengan beberapa anggota parlemen GOP menuduh pemerintahan Biden tanpa bukti menyelidiki Trump karena alasan politik.

Setelah pernyataan tertulis yang disunting, Trump kembali menegur penggeledahan di rumahnya, menyebutnya sebagai “dalih hubungan masyarakat total” oleh FBI dan Departemen Kehakiman.

“Hakim Bruce Reinhart seharusnya TIDAK PERNAH mengizinkan pembobolan rumah saya,” tulisnya di platform Truth Social.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper